Ilustrasi buah sumber vitamin C (Foto: Getty Image)

@Rayapos | Jakarta – Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, karena tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin C sendiri, maka kebutuhan vitamin C bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan atau minuman. Jika benar-benar dibutuhkan, Vitamin C juga bisa diperoleh dengan mengkonsumi suplemen.

Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C yang bersifat antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Meski vitamin C juga merupakan sumber asam, namun bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan asam lambung, mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar tidak akan menimbulkan masalah apapun. Karena, tubuh yang sehat memiliki sistem tersendiri yang bisa mengatur keseimbangan asam.

Tetapi,  bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung sebaiknya menghindari mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar.

Baca juga: 

Ahli dari American College of Gastroenterology merekomendasikan agar orang dengan refluks asam sebaiknya menghindari makanan tertentu yang bisa memperburuk gejala naiknya asam lambung.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa tidak semua makanan asam dan mengandung vitamin C langsung menyebabkan asam lambung Anda naik.

Jika Anda mempunyai masalah asam lambung, bukan berarti Anda perlu menghindari semua buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

Namun, jika Anda merasa asam lambung menjadi naik setelah makan makanan yang mengandung vitamin C, bisa jadi memang Anda harus hindari makanan tersebut.

Biasanya yang harus Anda hindari adalah yang mempunyai rasa paling asam, seperti jeruk, lemon, limau, dan tomat.

Sedangkan, buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah yang masih bisa Anda konsumsi adalah semangka, melon, pepaya, mangga, pisang, alpukat, paprika, brokoli, kangkung, dan kembang kol.

Jadi, tidak ada alasan bagi Anda yang mempunyai masalah lambung untuk tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Banyak makanan yang mengandung vitamin C dengan kandungan asam rendah.