Longsor di Jakarta Timur

@Rayapos | Jakarta – Gubernur DKI Jakarata Anies Baswedan disarankan segera mengeluarkan kebijakan merelokasi warga yang menempati kawasan rawan longsor, khususnya warga yang mendirikan bangunan di bantaran kali.

Diketahui sudah dua kali terjadi bencana lonsor di di Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur dan Selasa (4/12) malam longsor juga terjadi di Cilandak Jakarta Selatan.

Baca juga:

Sudah 3 Malam Underpass Matraman Mati Lampu Karena Rusak

Tak Betah di PSG, Neymar Berminat Main di Liga Inggris

Selain itu informasi dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menyebutkan masih ada 10 titik yang rawan terjadi longsor saat ini.

Pengamat perkotaan Nirwono berpendapat, momentum ini bisa digunakan Anies untuk memindahkan warganya ke tempat yang lebih aman atau ke rumah susun milik Pemerintah Daerah.

“Harusnya saat ini momentum untuk menata kota,” kata Nirwono Joga saat dihubungi Kamis (6/12/2018).

Selain melakukan relokasi, dia menyarankan agar Anies juga melakukan penindakan kepada mereka yang mendirikan bangunan dibantaran kali, apalagi kawasan itu gampang terimbas banjir.

“Relokasi dilakukan dengan tujuan pemukiman bisa bebas banjir, masyarakat hidup di lingkungan yang lebih layak layak huni dan aman,” tandasnya.

Dikabarkan sebelumnya, adanya titik rawan longsor disejumlah wilayah DKI, Anies hanya meminta agar warga terus memonitoring kawasan tempat tinggal mereka.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta warga Ibu Kota segera melaporkan keadaan di sekitarnya bila melihat adanya tanda-tanda bahaya longsor.

Anies belum bisa memastikan apakah hunian terdampak longsor bakal diteribkan. Namun dia menyebut hal itu menjadi salah satu tantangan bagi Pemprov DKI Jakarta.

Di mengaku bakal melakukan pendekatan kepada penghuni bantaran kali. Menurutnya jika warga setempat siap untuk direlokasi, pihaknya bakal memberikan tempatnya.

“Iya itu tantangan kita sebetulnya. Ditempat-tempat yang rawan longsor. Coba nanti kita lakukan pendekatan pada mereka seperti apa agar mereka. Kalau mau pindah tentu kita kasih tempatnya,” tutupnya.

BAGIKAN