Foto: Kolase Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Presiden Joko Widodo mengaku bangga atas prestasi Lalu Muhammad Zohri. Sprinter Indonesia ini berhasil meraih emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik (IAAF) U-20.

Sebagai apresiasi, Jokowi menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk merenovasi rumah atlet atletik yang tengah dipersiapkan untuk Asian Games 2018.

“Prestasi yang ditorehkan Zohri tentu sangat membanggakan kita semua, bangsa Indonesia. Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintahkan Menteri PUPR merenovasi rumah Zohri di Lombok,” tutur Presiden Jokowi dalam pernyataan tertulis, Jumat (13/7/2018).

Baca Juga:

Bob Hasan: Jangan Puji Lalu Berlebihan

Wuih, Sprinter Indonesia Berjaya di Kejuaraan Dunia

Zohri berhasil naik di podium pertama setelah mengungguli dua sprinter asal Amerika Serikat yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Ia mencatatkan waktu 10,18 detik, unggul 0,4 detik dari Schartz dan Harrison.

“Zohri berasal dari keluarga yang sederhana. Rumahnya berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pada lomba lari internasional yang digelar sejak digelar 32 tahun lalu ini prestasi terbaik sprinter Indonesia hanya berhasil finis di posisi ke-8. Itu terjadi di tahun 1986.

Zohri menjadi sprtinter pertama Indonesia yang merengkuh juara di ajang kejuaraan atletik dunia ini. Asian Games berusia 18 tahun ini tampil mewakili Indonesia setelah menjadi juara di kejuaraan Asia U-20.