Aktor Bollywood Salman Khan di Pengadilan Jodhpur, negara bagian Rajasthan, Kamis, 5/4/2018 (Foto: AP)

@Rayapos | Jakarta – Aktor Bollywood Salman Khan divonis 5 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah melakukan perburuan dan menembak mati rusa langka dan dilindungi, 10 tahun silam.

Salman Khan (52) yang merupakan salah satu dari sepuluh aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, dijatuhi hukuman penjara karena menembak dua ekor rusa blackbuck di Taman Nasional yang ada di India barat tahun 1998 lalu.

Selain dijatuhi hukuman penjara selama 5 tahun, sidang pengadilan di Jodhpur, negara bagian Rajasthan, Kamis (5/4/2018) juga megharuskan Khan membayar denda sebesar 10.000 rupee.

Atas vonis yang dijatuhkan hakim itu, kemungkinan besar Salman Khan akan mengajukan banding.

Vonis untuk Salman itu berbeda dengan 4 orang rekannya yang juga terseret dalam kasus yang sama, yaitu Saif Ali Khan, Sonali Bendre, Tabu dan Neelam. Kendati sama-sama dituduh terlibat dalam kasus yang terjadi pada 1998 lalu, tapi mereka dinyatakan bebas karena kurangnya bukti.

Kasus ini berawal saat Salman melakoni syuting untuk film Hum Saath Saath Hain, di desa Kankani, dekat Jodhpur, India barat pada 1998 silam.

Rusa Blackbuck termasuk binatang yang langka dan dilindungi (Foto: AP)
Rusa Blackbuck termasuk binatang yang langka dan dilindungi (Foto: AP)

Di sela jeda syuting, Salman dan rekan-rekannya berburu dan menembak mati rusa blackbuck yang termasuk binatang langka dan dilindungi. Dalam perburuan itu, Salman diketahui memimpin aksi itu dengan menggendarai jeep.

Sebelumnya, salah seorang jaksa yang menangani kasus itu, Mahipal Bishnoi mengatakan bahwa tim kuasa hukum Salman telah melakukan upaya pengurangan hukuman untuk kliennya. Untuk kasus ini, Salman dikenai pasal yang bisa menjeratnya dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara.

“Mereka meminta untuk masa percobaan, mereka menekankan pada hukuman minimum,” kata dia.

Baca juga: 
Pembunuhan di Pondok Labu, Korban Dibunuh Setelah Salat Magrib
Jennifer Dunn Tak Keberatan dengan Dakwaan Tiga Pasal Berlapis
Tessa Kaunang Tagih Rp. 200 Juta Hak Nafkah Anak-Anaknya dari Sandy Tumiwa

Kasus hukum ini bukan pertama kalinya dialami sang aktor. Sebelumnya, sang aktor juga sempat berurusan dengan hukum setelah dituduh melakukan tabrak lari pada 2002 lalu.

Tahun lalu, pengadilan lain di Jodhpur membebaskan Salman dari kasus perburuan hewan langka lainnya. Pengadilan memutuskan tidak ada bukti bahwa Salman membunuh seekor gazelle langka.

Sebagai aktor dengan bayaran tinggi, film-film Salman selalu laris manis di pasaran. Salah satu film yang dibintanginya, yakni Tiger Zinda Hai yang dirilis Desember tahun lalu meraup lebih dari 3 miliar rupee di box office.

Film terbarunya, Race 3, adalah film action yang thriller-nya dijadwalkan rilis pada tahun ini. Selain itu, Salman juga dikabarkan sedang mengerjakan sejumlah proyek film, diantaranya Bharat.