FOTO: RAYAPOS/ANDREW TITO

@Rayapos | Jakarta – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyabet penghargaan di ajang ‘Law Enforcement Award’ dalam rangka ‘AP Visa Risk Security Summit 2018’ yang diadakan Visa Internasional di Singapura sejak Rabu (16/5) dan Kamis (17/5).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Nico Afinta menerangkan, pihaknya mendapatkan surat penberitahuan Visa Internasional dan surat dari Asosiasi Kartu Kredit Indonesia, bahwa Ditreskrimum mendapatkan penghargaan.

Hal itu dikarenakan, beberapa waktu lalu, Subdit III Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mampu mengungkap kasus pencurian dana nasabah bank atau skimming di wilayah hukum Polda Metro.

“Kasus skimming telah diungkap oleh Subdit 3 Resmob Polda Metro sebanyak 11 kasus dengan total tersangka 18 orang,” ujar Nico melalui keterangannya, Kamis (17/6).

Selain itu, Nico mengatakan penyidik juga berhasil menyita kartu ATM palsu sebanyak 2025 kartu berisikan data nasabah dari 77 bank yang berasal dari 24 Negara.

Menurut dia, para tersangka yang ditangkap itu beraksi dengan kurun waktu 5 sampai 10 menit saja guna memasang alat skimming ke dalam mesin ATM.

Hal itu dikarenakan perangkat canggih didatangkan dari luar negeri. Apabila seorang nasabah mendapati mesin ATM yang tidak wajar misalnya susah memasukkan kartu ATM, sebaiknya langsung segera mencari mesin ATM alternatif.

“Disitu para pelaku biasanya memasang alat skimmer di lubang atau tempat memasukan kartu. Para pelaku juga menempel spycam atau kamera tersembunyi tepat di atas lubang kartu untuk mendapatkan PIN,” tutur dia.

Setelah itu, data nasabah yang sudah masuk itu disimpan ke hard disk dan dipindahkan lagi ke komputer untuk diproses pemindahan data ke kartu ATM. Setelah semua selesai, mereka akan menguras saldo menggunakan PIN yang telah direkam dari spycam.

Untuk itu, Nico meminta para nasabah selalu waspada dengan modus pelaku pembobolan data ATM dengan modus skimming terutama jika melihat ada orang yang berlama-lama di ATM. Menurut dia, laporkan segera ke petugas atau satpam.

“Peran masyarakat penting jika menemukan ada orang yang lama di ATM laporkan ke petugas, karena transaksi di ATM tidak lebih dari lima menit,” tutup dia.

Sebagai informasi, penghargaan ‘Law Enforcement Award’ dalam rangka ‘AP Visa Risk Security Summit 2018’ tersebut diberikan kepada Kombes Pol Nico Afinta selaku Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Aris Supriyono.

Kemudian, Kanit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu dan Panit 2 unit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya Iptu Verdika Bagus Prasetya.

BAGIKAN