Berlaga di level Asia, Indonesia hanya mendapat jatah tiga klub

@Rayapos.com | Jakarta: Indonesia mendapat jatah tampil pada dua turnamen level Asia yang akan diselenggarakan AFC yakni, satu klub yang tampil di play-off Liga Champions Asia 2018 serta dua klub bermain di Piala AFC 2018.

Untuk klub yang bakal berlaga di kompetisi level Asia nanti harus mengacu pada regulasi yang ada, seperti, klub pemenang Liga 1 2017 yang akan mewakili Indonesia pada play-off Liga Champions Asia sementara runner-up dan peringkat ketiga tampil di Piala AFC.

Namun, bila tim peringkat pertama hingga ketiga tak lolos verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC, secara otomatis klub tersebut bakal gugur karena hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan sesuai aturan yang ditetapkan, AFC akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat pertama sampai ke-sembilan. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat pemenuhan lisensi AFC.

“Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, jatah play-off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC,” kata Tisha, Kamis (26/10).

“Untuk pendaftaran, kami masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan daftarkan klub sebelum deadline itu,” ujarnya.

Sementara itu, Liga 1 musim 2017 berakhir pada 12 November 2017 sehingga para klub yang dinyatakan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi tersebut masih ada waktu sekitar 10 hari untuk mendaftarkan diri sebelum dedline yang ditentukan oleh AFC.

BAGIKAN