BMGK: Gelombang Laut Sangihe-Talaud Capai 4 Meter

Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengimbau warga pesisir Bengkulu untuk mewaspadai gelombang laut di perairan Bengkulu hingga Pulau Enggano yang mencapai ketinggian maksimum 3,5 meter. (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos | Manado: Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara, Frans Mbaubedari mengatakan, tinggi gelombang perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud bisa mencapai empat meter, Kamis (26/1).

“Saat ini kecepatan angin di wilayah Sangihe dan Talaud 10-25 knot atau bisa mencapai 60 kilometer per jam,” kata Frans melalui Whatsapp di Makassar Arah angin saat ini bertiup dari utara menuju timur laut, sementara pergerakan gelombang juga dari timur laut.

“Arah angin ditambah arah gelombang dan angin kencang dapat memicu gelombang tinggi,” jelasnya.

Saat ini, BMKG Stasiun Meteorologi mengeluarkan peringatan dini gelombang laut 2,5-4,0 meter di perairan Sangihe, Talaud dan perairan utara Sulut.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang laut 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi perairan selatan Sulut.

Nelayan dan semua pengguna transportasi laut yang melintas di beberapa wilayah perairan itu diharapkan berhati-hati. [ant]

Comments

comments