BPBD Biak Intensifkan Pelayanan Mitinigasi Bencana

Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Biak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengintensifkan pelayanan mitigasi bencana kepada masyarakat yang berada di wilayah kepulauan Biak.

“Program mitigasi bencana berupa pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam mmenghadapi bencana dilakukan BPBD dengan membentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana di setiap distrik dan kampung,” ungkap Kepala BPBD Yunus Saflembolo dihubungi di Biak, Selasa (31/1).

Ia mengatakan, wilayah kepulauan Biak berada di lautan Pasifik merupakan kawasan zona bencana alam sehingga warganya diberikan pengetahuan tentang mitigasi bencana dalam upaya membekali kesiapsiagaan saat menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Bencana alam, menurut Yunus, merupakan suatu peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba atau perlahan akibat alam atau ulah manusia sehingga menimbulkan korban.

Korban dialami akibat musibah bencana alam, lanjut Yunus, dapat mengakibatkan penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, kerusakan fasilitas umum serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat setempat.

Untuk mengatasi musibah bencana alam yang setiap waktu bisa terjadi di Biak, menurut Tunus diperlukan penanganan cepat, responsif dan keterpaduan dalam membantu masyarakat menghadapi terjadinya musibah bencana alam.

“Mitigasi adalah tindakan untuk mengurangi atau meminimalisir dampak dari suatu bencana terhadap masyarakat,” harap Kepala BPBD Yunus menanggapi program mitgasi bencana.

BPBD sebagai satuan perangkat teknis daerah kabupaten Biak Numfor dalam memberikan bantuan pencegahan bencana alam, menurut Yunus, sudah membentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana dengan melibatkan berbaga potensi masyarakat dan lembaga terkait seperti Basarnas, TNI/Polri, BMKG, Lapan, Dinas Sosial serta dinas teknis di jajaran Pemkab Biak.

“Mitigasi bencana program edukasi pengurangan risiko bencana alam yang perlu dipahami semua potensi masyarakat di berbagai distrik dan kampung dalam upaya kesiapsiagaan mengurangi risiko bencan,” demikian Kepala BPBD Yunus.

Berdasarkan data wilayah pantai Utara pulau Biak, diantaranya distrik Biak Utara, Andey, yawosi, distrik Warsa hingga disrik Bondifuar merupakan kawasan rawan bencana alam yang berada di wilayah lautan Pasifik.

Serta kawasan zona rawan bencana alam lain yang dipetakan BPBD Biak yakni wilayah distrik Biak Timur, Oridek, Padaido dan kepulauan Aimando, wilayah kepulauan Numfor serta disrik Biak Barat dan Swandiwe hingga kawasan Biak Kota,yendidori dan Samofa.

Comments

comments