BPBD Kota Gorontalo Ingatkan Warga Potensi Banjir

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, Rustam Rahman mengingatkan warganya untuk waspada terhadap musim hujan akhir-akhir ini melanda daerah itu, sehingga bisa berpotensi banjir. (Foto: rayapos.com)

@Rayapos | Gorontalo: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, Rustam Rahman mengingatkan warganya untuk waspada terhadap musim hujan akhir-akhir ini melanda daerah itu, sehingga bisa berpotensi banjir.

Menurutnya, kondisi pegunungan di daerah itu tidak lagi mampu menyerap air dengan baik, sehingga bisa berdampak banjir jika hujan turun cukup lama.

“Apalagi mereka yang bermukim di bawah pegunungan, harus lebih waspada lagi dengan potensi longsor,” ungkapnya, Rabu (25/1).

Beruntung sejumlah drainase di Kota Gorontalo diakuinya dalam keadaan baik, sehingga bisa menjadi salah satu solusi aliran air untuk tidak terjadi banjir.

Ia juga mengatakan, untuk menjaga agar masyarakat tidak menjadi korban bajir lagi, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait khusus menangani sejumlah drainase.

“Kami juga akan melakukan diskusi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menata agar pembangunan di dalam kota menjadi lebih baik, bisa terhindar dari banjir,” katanya.

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada Selasa (24/1) sekitar pukul 14.35 wita membuat beberapa rumah di Kelurahan Leato Utara, Kota Gorontalo, digenangi air.

Beruntung tidak ada korban jiwa, namun banjir mengakibatkan rusaknya tiga rumah warga dan beberapa hewan peliharaan yang hanyut bersama banjir.

“Kami harapkan juga warga di Kota Gorontalo tetap waspada. Agar korban jiwa yang disebabkan banjir tidak terjadi di Kota Gorontalo,” tutupnya. [ant]

Comments

comments