Bulog: Stok Beras di Banyumas Aman

@Rayapos | Purwokerto: Stok beras untuk menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran 2016 di wilayah eks Keresidenan Banyumas yang meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara dalam posisi aman, kata Kepala Bulog Subdivisi Regional Banyumas Setio Wastono.

“Bahkan, stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog Banyumas diperkirakan masih mencukupi kebutuhan hingga September 2016,” katanya didampingi Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Usaha M. Priyono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, kondisi stok tersebut diketahui berdasarkan realisasi pengadaan pangan yang dilaksanakan Bulog Banyumas hingga pekan ketiga Mei 2016.

Dalam hal ini, kata dia, Bulog Banyumas telah menyerap sebanyak 35.500 ton setara beras.

Dia mengakui volume gabah kering panen (GKP) yang masuk ke gudang-gudang Bulog Subdivre Banyumas dalam beberapa hari terakhir mengalami penurunan karena sudah melewati masa panen raya.

“Sebelumnya, gabah yang masuk bisa mencapai di atas 1.000 ton per hari, sekarang rata-rata hanya 700 ton per hari,” katanya.

Kendati demikian, dia mengaku optimistis prognosa pengadaan pangan tahun 2016 sebesar 80.000 ton setara beras dapat dicapai oleh Bulog Banyumas.

Menurut dia, hal itu disebabkan panen padi masih akan terus berlangsung di sejumlah wilayah Banyumas meskipun masa panen raya telah berakhir.

“Hingga Juni diperkirakan masih ada panen dan selanjutnya ‘lumintu’ karena sawah-sawah yang lebih dulu panen, langsung ditanami oleh petaninya sehingga dalam waktu dekat akan panen secara bergiliran,” jelasnya.[ant]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY