Buton Utara Akan Kembangkan Ekowisata Hutan Bakau

@Rayapos | Kendari: Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengembangkan ekowisata hutan bakau atau mangrove di daerah itu.

Bupati Buton Utara Abu Hasan, di Kendari, Jumat mengatakan, Buton Utara memiliki kawasan hutan mangrove terluas di Sultra sehingga sangat memungkinkan dilakukan pengembangkan ekosisata bakau.

“Pengembangan kawasan ekowisata bakau akan kita mulai dengan bekerja sama dengan pihak universitas ternama di Sultra melakukan penelitian tentang potensi bagi kepariwisataan di kawasan itu,” kata Abu Hasan.

Selanjutnya, akan dilakukan pembagian zona pendukung dalam kawasan hutan bakau tersebut, mulai zona penyangga, zona pemanfaatan dan zona lainnya.

Menurut dia, salah satu aktivitas ekonomi yang bisa dikembangkan dalam kawasan ekowisata itu adalah pengembangan kepiting bakau.

“Selama ini masyarakat di Buton Utara sudah ada menangkar kepiting, tetapi belum ada yang secara khusus melakukan budi daya kepiting bakau,” katanya.

Menurut dia, prospek perikanan Buton Utara sangat menjanjikan, karena sebagian besar daerah merupakan pesisir pantai dan perairan sehingga selama ini menjadi kabupaten yang memiliki peran besar bagi Sultra dalam perikanan.

“Tidak hanya potensi perikanan ikan air tawar dan air asin yang bisa diandalkan, kepiting juga menjadi salah satu varian perikanan yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan,” katanya.

 

[Antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY