Cara alami mengatasi rambut beruban

ilustrasi rambut beruban (Foto: ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin.

Uban yang muncul di rambut memang dirasakan cukup mengganggu karena merusak penampilan. Tapi sebaiknya uban jangan dicabut, karena di kulit rambut terdapat cukup banyak saraf. Jika  uban dicabut tentu saraf yang lain juga ikut terganggu, hal itu dikhawatirkan akan bertambah banyak uban yang ada di sekitar rambut kita.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi rambut beruban:

  1. Menggunakan kemiri
Kemiri (Foto: ilustrasi)
Kemiri (Foto: ilustrasi)

Kemiri biasanya digunakan untuk bumbu masakan, namun ternyata kemiri juga bisa bermanfaat untuk mengatasi uban. Caranya sangat mudah sekali,  tumbuk kemiri, nantinya kemiri akan mengeluarkan minyak dan minyak tersebutlah yang akan digunakan sebagai masker rambut.  Minyak kemiri ini sangat ampuh dalam mengatasi uban.

  1. Menggunakan biji pepaya
biji pepaya (Foto: ilustrasi)
biji pepaya (Foto: ilustrasi)

Biji pepaya bermanfaat untuk mengatasi uban. Cara mengatasi uban dengan biji pepaya yaitu sangrai biji pepaya hingga menyerupai kopi, kemudian  tumbuk hingga lembut, campurkan dengan minyak kelapa dan oleskan secara merata pada rambut.

  1. Menggunakan putih telur
Ilustrasi putih telur (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi putih telur (Foto: ilustrasi)

Putih telur ayam kampung bisa bermanfaat untuk mengatasi uban. Caranya sangat mudah, campurkan putih telur ayam kampung dengan sedikit air hangat dan garam, oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat, diamkan selama 2 jam baru  bilas hingga bersih.

  1. Menggunakan daun rambutan
Daun rambutan (Foto: ilustrasi)
Daun rambutan (Foto: ilustrasi)

Mungkin tidak banyak orang yang tahu jika daun rambutan mampu menghilangkan uban. Daun rambutan dapat mengatasi uban sekaligus membuta rambut menjadi hitam berkilau. Caranya blender daun rambutan hingga lembut, ambil sarinya dan gunakan sari tersebut sebagai masker rambut, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Menggunakan kopi hitam
kopi hitam (Foto: ilustrasi)
kopi hitam (Foto: ilustrasi)

Kopi hitam juga dapat mengatasi masalah uban. Kopi hitam dapat mengembalikan warna hitam pada rambut. Caranya sangat mudah sekali yaitu buat adonan kopi tanpa gula setelah itu gunakan kopi tersebut sebagai masker rambut dan diamkan selama 20 menit, basuh dengan air, lakukan cara ini secara teratur maka rambut  akan menjadi hitam berkilau.

  1. Menggunakan ampas teh
ampas teh (Foto: ilustrasi)
ampas teh (Foto: ilustrasi)

Ampas teh bisa juga digunakan untuk mengatasi rambut beruban secara alami.  Caranya sangat mudah sekali yaitu diamkan selama sehari ampas teh tersebut, kemudian dihari berikutnya gunakan ampas teh tesebut untuk menghilangkan uban, diamkan selama 1 jam lalu bersihkan menggunakan shampo.

Comments

comments