Cara mudah atasi bibir kering dan pecah-pecah

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah (Foto: ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Di musim kemarau ini cuaca sangat panas dan mengakibatkan kulit dan bibir kita menjadi kering, bibir kering dan pecah-pecah sangat tidak enak di pandang.

Biasanya, kaum wanita memakai lipstik supaya bibir terlihat lebih indah, namun seringkali justru dapat membuat bibir terlihat buruk ketika sedang kering dan pecah-pecah. Jika demikian akhirnya malah menjadi kurang percaya diri.

Pada dasarnya kulit bibir berbeda dengan kulit bagian tubuh lain. Kulit bagian bibir ini tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga sangat rentan sekali mengalami kekeringan. Apabila bibir kering dibiarkan, maka akan berubah menjadi pecah-pecah dan bahkan menimbulkan luka.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah:

  1. Menggunakan madu
Ilustrasi Madu (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi Madu (Foto: ilustrasi)

Apabila bibir kita kering cobalah menggunakan madu, karena madu dikenal sebagai pelembab alami yang cukup efektif. Kandungan mineral essensial di dalam madu mampu menjaga kelembaban bibir dan mencegahnya dari paparan sinar matahari. Oleskan madu secara rutin setiap sebelum beraktivitas, tanpa dibilas pun bibir akan lembab sepanjang hari. Namun agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, oleskan juga madu sebelum tidur.

  1. Menggunakan Timun
Ilustrasi Timun (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi Timun (Foto: ilustrasi)

Salah satu cara alami yang mudah dan praktis mengatasi bibir kering adalah menggunakan timun, karena timun mampu mengembalikan kelembaban bibir dan membuatnya terlihat lebih segar. Sebelum digunakan, kupas kulit timun terlebih dulu. Setelah itu, potong, dan usapkan potongan timun yang berair ke bibir hingga merata. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih cepat terlihat.

  1. Menggunakan minyak zaitun
Ilustrasi minyak zaitun (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi minyak zaitun (Foto: ilustrasi)

Minyak zaitun adalah pelembab alami dan pelumas alami terbaik. Asam lemak dalam minyak zaitun membantu menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal. Cara menerapkannya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.

  1. Menggunakan lidah buaya
Ilustrasi lidah buaya (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi lidah buaya (Foto: ilustrasi)

Lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering karena lidah buaya mengandung bahan-bahan alami yang memiliki manfaat dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara menerapkannya juga mudah. Oleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur, seketika kita akan merasakan efek dingin dan menyejukkan.

  1. Menggunakan wortel
Ilustrasi wortel (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi wortel (Foto: ilustrasi)

Ternyata selain untuk kesehatan mata wortel juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering. Wortel diperkaya dengan vitamin A, setelah dilakukan penelitian, ternyata kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melembabkan bibir secara alami. Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan wortel mudah sekali, kita tinggal menghaluskan sayur ini kemudian mengoleskan secara merata keseluruh bibir. Agar meresap, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

  1. Menggunakan tomat
Ilustrasi tomat (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi tomat (Foto: ilustrasi)

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin E dan C cukup tinggi. Kandungan vitamin-vitamin tersebut dapat meningkatkan kelembaban pada bibir secara alami. Belah 1 buah tomat segar menjadi 2 bagian. Masing-masing bagian tersebut oleskan secara merata keseluruh bagian bibir. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

  1. Menggunakan minyak kelapa
rayapos.com - sawit
Ilustrasi minyak kelapa  (Foto: ilustrasi)

Minyak kelapa dapat membantu melembabkan bibir secara alami, dan mengatasi bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca yang tidak bersahabat. Memulihkannya menjadi lembut dan lembab kembali. Cara memakainya pun mudah. Oleskan minyak kelapa murni ke bibir setiap hari.

Comments

comments