Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi

@Rayapos.com | Jakarta: Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi permanen di mana tekanan darah terus menerus tinggi atau lebih dari 140/90 mmHg.

Anda tidak bisa merasakan hipertensi. Banyak orang yang bahkan tidak tahu mereka memiliki darah tinggi. Hipertensi bisa muncul tanpa gejala fisik, yang diam-diam merusak pembuluh darah dan menyebabkan ancaman kesehatan yang serius.

Meskipun tidak menimbulkan gejala, tekanan darah tinggi mampu meningkatkan resiko sebagai penyebab kematian seperti serangan jantung, stroke, aneurisma, penurunan kognitif,  dan gagal ginjal.

Menurut sebuah penelitian di Harvard, 15 persen kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi).

Melakukakan perubahan gaya hidup sangat berperan penting untuk mengontrol tekanan darah Anda. Jika Anda melakukan gaya hidup sehat, maka tekanan darah Anda akan normal.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini cara mudah turunkan tekanan darah tinggi:

  1. Olahraga secara teratur

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur. Olahraga teratur memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Menurut Mayo Clinic, berolahraga sekitar 30 menit per hari dalam seminggu terbukti dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4-9 mmHg.

  1. Berjalan cepat

Pasien hipertensi yang melakukan gerakan jalan dengan langkah cepat mampu menurunkan tekanan darah mereka sekitar 8 mmHg atau lebih dari 6 mmHg. Latihan ini akan membantu Anda sehingga kerja jantung lebih efisien dalam memompa oksigen. Latihan kardio ini dapat Anda lakukan setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu dan cobalah untuk meningkatkan kecepatan atau jarak.

  1. Latihan pernafasan

Untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda bisa melakukan latihan pernafasan. Latihan pernapasan, seperti memperlambat napas dan menarik napas dalam-dalam bisa membuat Anda lebih rileks ketika sedang stres atau banyak pikiran. Cara ini pun membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, latihan pernapasan baik untuk memperlancar aliran darah.

  1. Kurangi minum kopi

Pada beberapa orang yang sangat sensitif, kafein dalam kopi juga bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Minum kopi sebaiknya dikurangi ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

  1. Kurangi natrium

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda sebaiknya mengurangi natrium. Mengurangi natrium dalam menu makanan Anda adalah salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Batasi natrium untuk 2300 miligram (mg) perhari atau kurang.

  1. Hindari stres

Agar tekanan darah Anda tidak tinggi sebaiknya hindari stres. Kondisi stres bisa berdampak buruk bagi tekanan darah dan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, saat marah atau stres dapat melepaskan hormon-hormon yang membuat jantung berdetak lebih cepat, mempersempit pembuluh darah, dan meningkatkan tekanan darah.

Comments

comments