Ceraikan Qualcomm, Apple Gandeng Intel?

@Rayapos.com | Jakarta: Setelah bersengketa dengan Qualcomm sampai ke ranah hukum dan tidak menemukan titik temu perdamaian, Apple mencoba mencari alternatif kebutuhan manufaktur iPhone di masa depan.

Seperti dilansir laman Apple Insider, Selasa (21/11), salah satunya pembuatan modem 5G untuk iPhone. Untuk perangkat ini kabarnya Apple telah meneken kontrak dengan Intel, yang menggantikan Qualcomm yang telah menjadi pemasok modem iPhone sejak 2011.

Apple dan Intel dilaporkan sepakat untuk membuat modem 5G yang tertanam dalam chipset iPhone. Chipset itu sendiri terdiri atas prosesor A-series, prosesor grafis (GPU), dan komponen iPhone lainnya. Semua komponen itu bakal diproduksi oleh Intel.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, Apple sempat dikabarkan bakal membuat iPhone tanpa bantuan Qualcomm. Keputusan ini disniyalir merupakan efek samping perseteruan Apple dengan Qualcomm di persidangan.

Jika Apple serius meninggalkan Qualcomm dalam produksi chip, diperkirakan Qualcomm akan kehilangan 13 persen pendapatannya. Sehingga akan berdampak cukup besar bagi penjualan Qualcomm mendatang.

Editor: Hadie Ismanto

Comments

comments