Cuaca Buruk, Pasokan Bahan Pokok Terlambat

@Rayapos | Ternate: Proses pengiriman berbagai kebutuhan pokok ke Maluku Utara (Malut), mengalami keterlambatan dikarenakan memburuknya cuaca dalam rentang sepekan terakhir. Cuaca buruk ini mengahalangi aktivitas pengiriman kebutuhan pokok yang dikirim dari Manado maupun dari Pulau Jawa ke Kota Ternate.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Pemasok Kota Ternate, Nursidik , kepada wartawan, di Ternate, Minggu (29/1). ”Karena cuaca buruk, sehingga stok kebutuhan yang ada sedikit mengalami keterlambatan. Dengan begitu, jika stoknya terus mengalami keterlambatan, maka harga-harga barang pokok bisa saja mengalami kenaikan karena kekurangan stok,” ujarnya.

Menurutnya, stok kebutuhan pokok yang saat ini mengalami keterlambatan adalah tomat, wortel, kol dan lainnya. Dimana, semua merupakan bahan-bahan pokok yang dibutuhkan di Kota Ternate. Namun, keterlambatan pemnasokan kebutuhan pokok itu, jelasnya, belum mempengaruhi harga bahan pokok karena stok yang ada masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat diharap tidak terlalu khawatir.

Njika saja cuaca buruk ini terus bertahan selama beberapa pekan ke depan, terangnya, maka dikhawatirkan kenaikan harga barang tidak bakalan terhindarkan. ”Mungkin karena saat ini angin ke utara, sehingga dari tujuan Manado ke Ternate mengalami sedikit terlambatan. Apalagi jika kapal membawa barang-barang yang banyak, itu berarti mereka juga harus mengatur kecepatan dan siap-siap menghindar jika mengalami cuaca yang buruk dalam perjalanan,” jelasnya.

Diharapkannya, cuaca buruk ini akan segera mereda, sehingga proses pengiriman barang lancar dan pengiriman barang sesuai jadwal. Untuk Kota Ternate, tambahnya, jika pengiriman barang mengalami keterlambatan, maka dapat memacu kenaikan harga dan jika gejolak harga terus terjadi maka dapat menyebabkan inflasi.

Comments

comments

LEAVE A REPLY