Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic | Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Pelatih Kroasia Zlatko Dalic menyebut motivasi besar menjadi faktor utama timnya lolos ke final Piala Dunia 2018. Ia menilai saat laga semifinal, Inggris meremehkan timnya.

“Selalu ada motivasi ekstra dan kami selalu menghormati lawan kami,” ujar Dalic kepada awak media, Kamis (12/7/2018).

“Mungkin tim Inggris seharusnya lebih menghormati kami, terutama ketika Anda mempertimbangkan di mana pemain kami memainkan sepakbola mereka, tetapi ini adalah sepakbola dan olahraga.”

Kroasia pun menang 2-1 atas Inggris, gol telat Mario Mandzukic menjadi penentu kemenangan tim negeri Balkan tersebut. Dengan begitu, anak asuh Dalic ini memastikan satu tiket final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Baca Juga:

Kroasia ke Final, Mandzukic: Ini Adalah Keajaiban

Piala Dunia 2018: Inggris Kalah, Kane Patah Hati

Sebelum laga berlangsung, sempat ada wacana yang menyebutkan bahwa Inggris akan mengalahkan Kroasia dengan mudah dan lolos ke partai puncak. Dalic mengakui komentar pers Inggris itu justru memberi motivasi lebih.

“Mungkin ada unsur motivasi ekstra (karena komentar media Inggris), tetapi ada juga motivasi untuk bermain di final dan membuat fans dan negara kami senang,” tukasnya.

Di partai puncak nanti, Kroasia akan bertemu dengan Perancis. Les Blues sudah lebih dulu memastikan diri ke final setelah mengalahkan Belgia dua gol tanpa balas. Rencanyanya, laga final akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7/2018).