Debat Konstitusi, Wadah Bentuk Karakter Generasi Muda Bangsa

@Rayapos |Ambon: Generasi muda bangsa yang berkarakter, taat pada konstitusi yang berlaku, jujur, disiplin, sportif, bermental kompetisi yang sehat, serta selalu merawat persaudaraan dengan sikap saling menghargai dan selalu menjunjung kesatuan sebagai anak bangsa, kiranya dapat dilahirkan dari sebuah ajang sekelas debat konstitusi antar SMA/SMK/MA se-Maluku Tengah (Malteng) yang digelar di Masohi.

Harapan ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Maluku Tengah, Drs. M. Saleh Thio,M.Si, saat membuka langsung acara dimaksud, di Masohi, Senin (30/1). ”Karena menjadi icon peningkatan wawasan dan pemahaman konstitusi kebangsaan bagi para siswa dan masyarakat di bumi Pamahanunusa,” ujarnya.

Dijelaskannya, konstitusi merupakan naskah atau dokume yang memuat keseluruhan peraturan dasar tentang penyelenggaraan ketatanegaraan dalam suatu Negara termasuk di Indonesia. Sehingga diharapkan implementasi dari diskusi ini akan menjadikan acuan pelaksanaan ketatanegaraan bagi semua siswa dan masyarakat yang ada di daerah ini.

Menurutnya, siswa-siswi merupakan potensi dan sumber daya insani yang sungguh penting bagi masa depan daerah, bangsa dan Negara. Sehingga pemahaman konstitusi harus dilakukan dan dikembangkan baik di lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat sekitar melalui sikap dan perilaku setiap hari, agar mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang baik bagi sesama.

Selain itu, terangnya, aspek yang penting dan mendasar dari debat ini adalah bahwa pengetahuan tentang konstitusi ini harus dimanfaatkan oleh siswa-siswi sebagai bekal dalam kehidupan setiap hari dan juga sebagai modal penentu cita-cita di masa depan yang cerah.

Untuk itu, harapnya, peran guru dan tenaga kependidikan di setiap sekolah harus mampu membentuk karakter anak bangsa yang baik, berkualitas, kreatif, berkarakter dan bermoral, sehingga cita-cita pendidikan bisa tumbuh dan berkembang dalam dimensi pembangunan bangsa di daerah ini.

Comments

comments

LEAVE A REPLY