Deddy Mizwar: Perusahan Giatkan CSR Lingkungan Hidup

rayapos.com - Deddy prihatin tkw jabar meninggal
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Karawang: Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar akan mendorong perusahaan-perusahaan untuk lebih giat lagi menjalankan program “corporate social reponsibilty” atau tanggung jawab sosial di bidang lingkungan hidup.

“Saat ini hanya beberapa perusahaan yang fokus di bidang lingkungan dalam program CSR,” katanya disela penanaman mangrove bersama Toyota, di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, Rabu.

Ia berharap agar ke depannya, bisa lebih banyak lagi perusahaan yang fokus di bidang lingkungan hidup. Sebab, sudah waktunya untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan.

Menurut dia, untuk mencapai harapan tersebut, maka pemkab bersama pemprov bisa langsung mendatangi atau mengundang pihak industri.

Hal itu penting untuk menekankan keterlibatan pihak perusahaan dalam menjaga atau merawat lingkungan hidup.

“Tahap awal, upaya melibatkan perusahaan agar fokus terhadap bidang lingkungan hidup dalam program CSR-nya itu bisa dilakukan di Karawang atau di Bekasi, sebagai daerah industri,” katanya.

Wagub mengatakan, kegiatan di bidang lingkungan yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di wilayah pesisir utara Karawang sudah cukup bagus. Kegiatan itu perlu didukung bersama-sama.

“Kegiatan penanaman mangrove oleh Toyota ini harus terus dilakukan, kalau bisa, lebih dioptimalkan lagi,” katanya.

Sementara itu, pada Rabu itu ribuan pelajar dan masyarakat bersama sejumlah perusahaan melakukan penanaman pohon bakau di wilayah pesisir utara Pantai Pedes, Karawang.

Kegiatan penanaman pohon bakau di Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar yang digagas PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini melibatkan sekitar 1.000 pelajar SMP dan SMA.

“Ada sekitar 200 ribu pohon bakau yang ditanam dalam kegiatan ini, tujuannya untuk menghijaukan Pantai Utara Karawang,” kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono, di Karawang.

Ia mengatakan, selain menghijaukan pantai di Karawang yang rawan terkena abrasi, tujuan kegiatan ini melibatkan pelajar agar tertanam kesadaran di kalangan masyarakat dan pelajar tentang pentingnya kawasan hutan bakau di wilayah pesisir.

Ribuan pelajar dilibatkan dalam kegiatan ini agar mereka mebjadi bagian dari upaya perbaikan ekosistem serta peningkatan kualitas kehidupan kota.

Menurut Warih, Grup Toyota telah melakukan penanaman pohon mangrove sejak 2012. Kegiatan itu telah digelar di Kepulauan Seribu, Bekasi, Karawang, Semarang, Kendal, Demak hingga Banyuwangi.

Pada tahun ini, pihaknya bersama pemasok lokal dan dealer berencana menanam 300 ribu pohon bakau di wilayah pesisir Karawang, Semarang serta Kendal.

“Dengan begitu, hingga tahun ini akan tercatat lebih dari sejuta pohon bakau yang kami tanam di sepanjang pesisir utara,” kata dia. [ant]

Comments

comments