Hyon Song-Wol (tengah), pemimpin delegasi Korea Utara tiba di stasiun Seoul pada Minggu (21/1/2018) untuk melanjutkan perjalanan ke kota Gangneung, memeriksa panggung yang akan digunakan tampil kelompok orkestranya selama gelaran Olimpiade Musim Dingin.(Foto : Korea Pool / AFP)

@Rayapos | Jakarta – Kepastian Korea Utara mengirimkan delegasinya ke Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 bulan depan semakin terlihat. Hari Minggu (21/1) ini, Tujuh pejabat Korea Utara tiba di Korea Selatan untuk melakukan berbagai persiapan, khususnya mengecek panggung yang hendak dipakai untuk penampilan pertunjukkan kesenian dari delegasi mereka.

menurut rencana,kKelompok orkestra Korea Utara itu akan menggelar dua pertunjukkan, yakni di ibukota Seoul dan di Gangneung, selama Olimpiade.

Delegasi Korut yang dipimpin ketua kelompok musik Moranbong, Hyon Song Wol itu berangkat dari utara melewati perbatasan menggunakan bus menuju stasiun Seoul. Setibanya di Seoul, rombongan delegasi dikawal ratusan petugas polisi ibu kota. Selanjutnya, mereka akan menggunakan kereta ke kota Gangneung, yang akan menjadi salah satu venue pertunjukkan musik saat olimpiade.

Hyon Song Wol, yang juga merupakan penyanyi ternama di Korea Utara dan memimpin kelompok orkestra Samjiyon, bersama delegasi akan berada di Korea Selatan selama dua hari.

Kunjungan tersebut juga menjadi yang pertama dilakukan pejabat Pyongyang ke Korea Selatan sejak terpilihnya Presiden Moon Jae-in akhir Mei 2017 lalu.

Seperti diketahui, kedua negara Korea telah menyepakati sejumlah hal dalam olimpiade mendatang. Selain Korea Utara yang dipastikan kembali mengirimkan atletnya, mereka juga sepakat akan menampilkan pertunjukan orkestra selama olimpiade.

Baca juga : Girlband Korea Utara ini Akan Tampil di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang

Sebelumnya, pada Sabtu (20/1/2018), Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menggelar pertemuan dengan kedua negara Korea dan sepakat dengan jumlah 22 atlet yang akan dikirim Pyongyang.

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk berjalan bersama dalam konvoi di upacara pembukaan di bawah bendera unifikasi Korea. Serta menggabung tim hoki es putri, yang sebenarnya mendapat cukup banyak penolakan, terutama dari masyarakat Korsel.

Para atlet ski Korsel juga akan menjalani latihan bersama di resor ski Masikryong milik Korea Utara.