Hinca Panjaitan (tengah) saat rapat dadakan Partai Demokrat. (FOTO: Feri Kodri)

@Rayapos | Jakarta – Partai Demokrat menegaskan tidak akan golput pada Pilpres 2019. Hal tersebut ditegaskan oleh Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan. Demokrat tak akan mengulangi sikap golputnya seperti di Pilpres 2014.

“Kami tetap mengambil keputusan. Tidak kayak lalu (Pilpres 2014),” kata Hinca di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Hinca menjelaskan ada 3 opsi sikap politik yang dimiliki Demokrat saat ini. Pertama, mendukung Presiden Jokowi, kedua, bergabung dengan koalisi yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, atau membentuk koalisi baru di luar poros Jokowi dan Prabowo.

Yang pasti, kata Hinca, di pemilihan presiden 2019, Demokrat akan berpartisipasi meramaikan pesta pemilihan kepala negara tersebut.

“Apakah ke Jokowi, apakah ke Prabowo, apakah ke bukan Jokowi dan bukan Prabowo. Kami tetap akan mendukung,” ujarnya.

Dalam hal ini Hinca menegaskan sikap Demokrat pada Pilpres 2019, kata Hinca, sudah sesuai dengan keputusan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan para kader Demokrat.

Dalam Pilpres 2014, Demokrat tidak memberikan dukungan ke Prabowo-Hatta Rajasa atau Jokowi-JK. Mereka bersikap netral sepanjang Pilpres 2014.

Anggota Majelis Tinggi Demokrat Max Sopacua mengatakan, majelis tinggi Demokrat telah mengerucutkan dua opsi, yaitu bergabung ke kubu Jokowi atau Prabowo.

Meski demikian, beberapa elite Demokrat kerap menyuarakan opsi poros ketiga (Koalisi Kerakyatan) di luar Jokowi dan Prabowo.

Demokrat juga pernah mengusulkan skema JK-AHY meski kemudian ditolak oleh JK.

BAGIKAN