Foto: Istimewa

@Rayapos | Jakarta – Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps menyebut salah satu kunci sukses Les Blues menjadi juara Piala Dunia 2018 adalah pemain muda di skuatnya. Tim Ayam Jantan mengalahkan Kroasia di partai final dengan skor 4-2.

Setidaknya ada 14 pemain muda yang memperkuat tim Ayam Jantan. Menurut Deschamps, anak-anak asuhnya mempunyai kualitas mental dan psikologi untuk menjadi juara. Sebagian besar baru pertama kali bermain di Piala Dunia.

“Namun justru kualitasnya ada di sana. Kebanggan terbesarku adalah tim ini mampu mengatasi mental mereka dalam turnamen. Saya mengulanginya setiap saat: Jangan menyerah, jangan atas segalanya,” ucap Deschamps sebagaimana dilansir laman resmi FIFA, Senin (16/7/2018).

Baca Juga:

Piala Dunia 2018: Bekuk Kroasia, Prancis Rengkuh Gelar Juara

Cristiano Ronaldo Bisa Kembalikan Kejayaan Serie A Italia

Deschamps mengakui bahwa timnya memang tidak bermain sempurna dan tidak bermain sebagaimana mestinya. Namun Paul Pogba Cs membuktikan bahwa mereka punya kualitas mental dan psikologis yang sangat menentukan dalam Piala Dunia.

”Jadi pertanyaan yang selalu ditanyakan adalah: apakah Perancis juara yang indah? Baik, kami adalah juara dunia dan Perancis menuju posisi tertinggi di dunia untuk empat tahun ke depan. Itu yang perlu kami ingat,” ungkapnya.

Di partai puncak yang berlangsung diStadion Luzhniki, Prancis menang atas Kroasia 4-2. Gol-gol Prancis disumbangkan lewat bunuh diri Mario Mandzukic, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Paul Pogba. Sedangkan gol Kroasia dicetak Ivan Perisic dan Mandzukic