Dikritik karena ajak keluarga ke luar negeri, begini penjelasan Istana

@Rayapos.com | Jakarta: Perjalanan Presiden Joko Widodo ke Turki dan Jerman  mendapat sorotan negatif dari sejumlah pihak. Pasalnya, baru kali ini, Jokowi mengajak seluruh anggota keluarganya ikut dalam rombongan  dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Menanggapi kritikan tersebut, pihak Istana Kepresidenan memastikan bahwa biaya perjalanan keluarga Presiden Joko Widodo ke Turki dan Jerman tidak menggunakan anggaran negara.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/7/2017),  Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, seluruh biaya ditanggung oleh Jokowi sendiri.

“Sebelum melakukan perjalanan ke Turki dan Jerman, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan kepada Plt Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna pada Senin, 3 Juli 2017, di Istana Merdeka,” kata Bey.

“Dalam arahan tersebut, Presiden menegaskan bahwa seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman sejak 5 sampai 9 Juli 2017 menjadi tanggungan pribadi Presiden,” ujar dia menambahkan.

Dalam perjalanan kerjanya ke Turki dan Hamburg, Jerman kali ini, selain ibu negara, Jokowi juga memboyong seluruh anggota keluarganya yakni, Putra sulung, Gibran Rakabuming dan istrinya Selvi Ananda bersama bayinya yang baru berusia satu tahun empat bulan, Jan Ethes.

Ikut pula dalam rombongan kedua anaknya, yakni Kahiyang Ayu dan putra bungsunya Kaesang Pangarep.

“Perlu diketahui bahwa anggota keluarga Presiden Jokowi selama penerbangan berada di bagian kompartemen yang selama ini hanya diperuntukkan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sehingga keberadaan anggota keluarga Presiden Jokowi tidak mengurangi kapasitas penumpang rombongan resmi Presiden,” kata Bey.

Tidak diketahui kegiatan apa saja yang dilakukan putra-putri Jokowi selama berada di Turki dan Hamburg.

Sebelumnya, keikutsertaan keluarga besar Jokowi selama di Turki mendapat kritikan. Deputi Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Apung Widadi menilai, Jokowi tidak memberikan teladan kesederhanaan.

Jokowi dan rombongan keluarga besar berangkat ke Turki dengan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada Rabu (5/7/2017), pukul 07.20 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dan dijadwalkan mendarat  di Jakarta, hari ini.

Comments

comments

LEAVE A REPLY