Mesut Ozil umumkan pensiun dari timnas Jerman

@Rayapos | Jakarta – Mesut Ozil mengumumkan dirinya pensiun dari timnas Jerman. Keputusan tersebut diambil setelah penggawa Arsel ini mengaku kecewa terhadap Federasi Sepakbola Jerman (DFB).

Sebelumnya, Ozil mendapat kecaman dari federasi Jerman karena melakukan pertemuan dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Pertemuan tersebut diketahui terjadi sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Menanggapi kritikan DFB, Ozil yang memiliki garis keturunan Turki memberikan penjelasan bahwa tatap mukanya dengan Erdogan sama sekali tak punya muatan politik.

“Dengan berat hati dan banyak pertimbangan atas kejadian belakangan ini, saya tak akan lagi bermain untuk Jerman di level internasional selagi saya merasakan rasisme dan sikap tidak hormat,” tulis Ozil dalam akun Twitter pribadinya, Minggu (22/7/2018).

Baca Juga:

Tuai Kritikan Soal Belanja Pemain, Begini Jawaban Bijak Klopp

Ibrahimovic: Saya Akan Jadi Presiden AS

“Namun ketika para petinggi DFB memperlakukan saya seperti sekarang ini, tidak menghormati garis keturunan Turki saya dan secara egois menyebut saya melakukan propaganda politik, maka saya rasa sudah cukup.”

Ozil merasa tak senang dengan aksi DFB dalam menangani insiden tersebut, terlebih ketika pertemuannya dengan Erdogan dianggap menggangu performanya. Apalagi, kasus ini dinilai sebagai salah satu faktor tersingkirnya Jerman di fase grup Piala Dunia.

“Saya telah mengenakan kostum Jerman dengan penuh rasa bangga dan kegembiraan, tapi sekarang tidak lagi. Keputusan ini sangat sulit untuk dibuat karena saya selalu memberikan segalanya bagi rekan-rekan, staf pelatih dan orang-orang baik di Jerman.”