Dinas Kominfo Pemkot Manado Uji Coba  Aplikasi Qlue Terkait Kecepatan Penanganan Laporan Masyarakat

@Rayapos | Manado: Menjelang launching Command Center Cerdas sebagai bagian integral dari Manado Smart City, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kominfo melaksanakan try out atau uji coba penggunaan aplikasi Qlue, sebuah aplikasi laporan dan pengaduan masyarakat berbasis android.

Jika beberapa pekan lalu, try out menargetkan pemahaman dan penguasaan ASN Pemkot Manado dan pengelola Command Center Cerdas, kali ini target uji coba adalah kecepatan waktu penanganan laporan masyarakat.

Dihubungi usai briefing pagi, Kepala Dinas Kominfo Manado Erwin Kontu, menjelaskan, selama sepekan ini sejak hari Minggu (22/01), seluruh ASN Dinas Kominfo Manado termasuk tenaga kontrak pengelola Command Center diinstruksikan untuk melaporkan berbagai temuan terkait dengan sampah rumah tangga, parkir liar, bangunan liar,dan berbagai pelanggaran lainnya untuk dikirimkan melalui aplikasi Qlue yang bisa didownload gratis dari Play store.

“Laporan masyarakat yang dalam uji coba ini dilakukan oleh seluruh jajaran Dinas Kominfo Kota Manado selanjutnya akan dipantau tindaklanjutnya oleh perangkat daerah terkait. Misalnya  laporan tentang tumpukan sampah, foto dan posisi tumpukan sampah yang di upload akan secara otomatis dikirimkan ke Camat dan Lurah di mana sampah berada. Laporan ini akan dimonitor oleh operator qlue di Command Center Cerdas, berapa lama ditindaklanjuti. Jika dalam kurun waktu tertentu belum ditindaklanjuti, operator akan menghubungi pihak terkait untuk di tindaklanjuti hingga warna pada dashboard monitor berubah hijau,” jelas Kontu, di Manado, Selasa (24/1/2017).

Lanjutnya respons time atau kecepatan menindaklanjuti laporan warga menjadi poin penting dalam sistem pelaporan Qlue.

“Karenanya kami akan terus menerus berupaya agar seluruh perangkat daerah yang terkait dengan laporan warga dapat bertindak cerdas secara cepat. Perangkat daerah dan seluruh ASN yang terkait dengan layanan publik kami harapkan untuk dapat secara cepat menindaklanjutinya sejalan dengan komitmen 953 yang dicanangkan Walikota Manado, Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan,” pungkasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY