Dinas Pendidikan Wakatobi Peroleh Dana Rp 2,3 Miliar Untuk Pendidikan

@rayapos | Wakatobi: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara memperoleh dana alokasi khusus (DAK) pendidikan melalui APBN sebesar Rp 2,3 miliar lebih pada 2016.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi, La Ode Puasa di Kendari, Kamis, mengatakan DAK pendidikan tersebut dialokasikan khusus untuk pengadaan sarana pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SD Luar Biasa.

“Sarana pendidikan yang akan dibiayai dengan DAK itu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah penerima bantuan,” katanya.

Yang pasti kata dia, pihak sekolah penerima bantuan dapat memanfaatkan DAK untuk merehabilitasi ruang belajar, pengadaan buku pelajaran siswa, alat peraga pendidikan dan laptop.

Beberapa prosentase masing-masing item pembiayaan kata dia, sepenuhnya diserahkan kepada sekolah penerima bantuan.

“Kecuali pembiayaan untuk rehabilitasi ruang belajar sudah ditentukan nilainya, yakni diporsikan anggaran sebesar 30 persen,” katanya.

Sementara untuk pengadaan buku pelajaran, alat peraga pendidikan dan laptop, sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah bersangkutan.

“Kalau pihak sekolah lebih banyak membutuhkan buku pelajaran, maka mereka boleh membeli buku pelajaran lebih banyak,” katanya.

Sebaliknya kata dia, jika sekolah lebih membutuhkan alat peraga pendidikan lebih atau laptop, maka dibolehkan membeli kebutuhan tersebut lebih banyak.

“Jadi, penggunaan DAK pendidikan ini lebih fleksibel karena penggunaannya diserahkan kepada pihak sekolah,” katanya. [antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY