Disdik: 44 Sekolah Jayapura Siap Ikuti UNBK

@Rayapos | Jayapura: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jayapura, Papua menyatakan sebanyak 44 sekolah di daerahnya siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), ujian sekolah, ujian berstandar nasional dan ujian nasional.

“Kalau infrastruktur sekolah di Kota Jayapura itu dari 44 SMP, 27 SMA dan 17 SMK dari jumlah itu sekitar 44 sekolah yang sudah siap, jadi saya kira tidak ada masalah untuk pelaksanaan UNBK pada April nanti,” kata Kadisdik Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa di Jayapura, Selasa.

Dia mengatakan, nantinya ujian sekolah berstandar nasional setelah itu dilanjutkan dengan ujian sekolah dengan demikian tidak ada imets bahwa ujian diselenggarakan sampai tiga kali.

“Nanti itu tinggal perencanaan di kita saja nanti di lapangan menjadikan dua kali ujian berstandar nasional dan langsung ujian sekolah selanjutnya ujian nasional,” katanya.

I Wayan menjelaskan, ujian sekolah dan ujian berstandar nasional dilakukan untuk memperoleh nilai di ijazah, sedangkan ujian nasional untuk mendapat sertifikat hasil ujian nasional (SHUN).

“Perbedaanya untuk tahun ini adalah SMA hanya empat mata pelajaran yang akan di ujikan dalam ujian nasional sementara tahun lalu ada enam mata pelajaran,” ujarnya.

Lanjut dia, empat mata pelajaran yang nantinya diujikan dalam UN itu adalah mata pelajaran matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia dan satu mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan masing-masing.

Untuk itu, tambah dia, para siswa diharapkan belajar dan belajar agar benar-benar siap untuk menghadapi penyelenggaraan ujian yang akan dimulai pada April 2017. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY