Disperindag Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Internet

@Rayapos | Ternate: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara, mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah ini untuk memanfaatkan layanan internet dalam mempromosikan dan memasarkan produknya.

“Pelaku UMKM tidak bisa lagi mengandalkan cara-cara konvensional dalam mempromosikan dan memasarkan produknya, apalagi kalau menginginkan produknya itu dikenal secara luas, baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Kepala Disperindag Kota Ternate Nuryadin Rahman di Ternate, Kamis(26/1).

Mempromosikan dan memasarkan produk UMKM melalui layanan internet atau yang dikenal e-commerce, selain akan dikenal lebih luas, juga akan meningkatkan pemasaran sampai 10 kali lipat. Hal ini sudah dibuktikan para pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Surabaya.

Menurut dia, banyak produk UMKM di Ternate yang memiliki prospek untuk dipromosikan dan dipasarkan melalui layanan internet, terutama produk kerajinan, seperti kerajinan besi putih, tenunan tradisional, mebel bambu, serta berbagai produk kuliner khas daerah ini.

Namun, dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM melalui layanan internet, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pelaku UMKM, di antaranya faktor kualitas serta kesesuaian antara contoh produk dalam intenet dan produk yang dikirimkan kepada para pemesan.

Nuryadin Rahman mengatakan bahwa Disperindag Ternate akan terus membantu para pelaku UMKM di daerah ini dalam mengembangkan usahanya, seperti dalam hal manajemen pengolahan usaha, bantuan peralatan, dan modal usaha, baik dari APBD maupun perbankan.

Disperindag Ternate juga terus mengupayakan dukungan dari pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perindustrian dalam upaya memajukan UMKM di daerah ini, baik melalui dana alokasi khusus (DAK) maupun sumber lainnya, karena hanya mengandalkan dana APBD Ternate sangat terbatas.

Tim dari Kementerian Perindustrian baru-baru ini berkunjung ke Ternate. Mereka telah menjanjikan berbagai bantuan kepada para pelaku UMKM di daerah ini, di antaranya bantuan peralatan dan pelatihan, termasuk pula mempromosikan produk UMKM di Ternate melalui berbagai fasilitas promosi milik Kementerian Perindustrian. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY