Distribusi Pangan di Sulawesi Utara Jelang Bulan Puasa Berjalan Stabil

@Rayapos | Manado: Jelang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, ketersediaan dan distribusi pangan di Provinsi Sulut stabil dan terkendali. Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Sulut Ir Jemmy Kuhu MSi, saat diwawancarai Kantor Gubernur.

Seperti yang dijelaskan oleh Kuhu,  pihaknya telah melakukan langkah-langkah yang terkait dengan stabilitas harga, antara lain melalui penguatan lembaga distribusi pangan masyarakat (P-LDPM) dan pengembangan system informasi harga (panel harga), analisis harga dan akses pangan.

“Selain ketersedian pangan maka keamanan pangan (food and bio security) juga menjadi perhatian kami, karena keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak di konsumsi oleh masyarakat,” kata Kuhu.

Lebih lanjut Kuhu juga berharap untuk dapat menunjang ketersediaan pangan, maka industri pangan yang berperan sebagai pengedar pangan ke konsumen harus memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Ditambahkan juga olehnya, fungsi pengawasan dan pembinaan keamanan pangan segar agar tetap dilaksanakan oleh BKP, bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulut. [Edwin Huwae]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY