Berlian sebesar telur ayam yang ditemukan di Diavik, Kanada. Foto: The Independent

@Rayapos | Berlian berkadar 552 karat di area penambangan Diavik, Kanada. Itulah berlian terbesar ke tujuh dunia. Besarnya setara dengan telur ayam.

Bagi Kanada, itulah berlian terbesar ke dua yang ditemukan di negara tersebut. Sebelumnya, ditemukan berlian berkadar 187,7 karat pada 2015.

Penemunya berlian di Diavik atas hasil penambangan Dominion Diamond Mines.

Ketua Dominion Diamond Mines, Kyle Washington dikutip dari Independent, Minggu (16/12/2018) mengatakan:

“Penemuan luar biasa ini menampilkan apa yang benar-benar spektakuler tentang berlian Canadamark.”

Berlian itu ditemukan di tambang berlian Diavik, Kanada. Batu permata itu ditemukan saat melewati proses penyaringan awal di pabrik pemulihan Diavik.

“Warna dan tekstur berlian adalah contoh unik dari perjalanan alami dari pembentukan tekstur berlian sampai kami menemukan mereka. Tambang Diavik kami telah menghasilkan beberapa berlian yang paling indah di dunia, dan yang satu ini tentu berada di peringkat teratas,” ungkap dia.

Perusahaan mengatakan temuan itu melampaui rekor penemuan berlian sebelumnya di wilayah yang sama. Pada tahun 2015, berlian berusia dua tahun 187,7 karat yang dijuluki ‘Foxfire’ ditemukan.

Berlian Diavik merupakan berlian terbesar ketujuh yang pernah ditemukan pada abad ke 21.

berlian2

Tambang Berlian Diavik mulai memproduksi berlian pada Januari 2003. Rio Tinto, perusahaan pertambangan multinasional yang berbasis di London, memiliki 60 persen saham di Diavik dan Dominion Diamond Mines. (*)

BAGIKAN