Inilah drum berisi mayat dicor. Foto: Yuliarti

@Rayapos | Sukoharjo – Sesosok mayat ditemukan dicor di dalam drum seng di kolong jembatan Desa Pondok, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (26/10/2017) sore.

Penemunya seorang pemulung, Muji Agung. Lokasinya tepat di utara jembatan, sisi timur sungai Bengawan Solo.

Di bawah jembatan inilah drum berisi mayat dicor ditemukan. Foto: Yuliarti
Di bawah jembatan inilah drum berisi mayat dicor ditemukan. Foto: Yuliarti

Terkait:  Mayat Dicor dalam Drum, Rambut Nempel di Tengkorak

Saat ditemukan, drum berada di antara sampah yang berserakan di tepi sungai. Drum tersebut kondisinya sudah bercampur lumpur.

Titik penemuan berada di sekitar genangan air. Di musim penghujan, titik tersebut tertutup aliran air.

Sedangkan di musim kemarau, titik tersebut terlihat karena air surut.

Untuk menuju ke titik tersebut, orang harus berjalan dari tanggul di timur jembatan. Terdapat beberapa turunan curam untuk menuju ke bawah jembatan.

Warga setempat bernama Mulyono, menduga drum tersebut dilempar dari atas jembatan. Sebab orang akan kesulitan jika membawa drum melalui tanggul. Turunan sangat curam.

“Kalau lewat tanggul pasti susah. Apalagi kalau drum sudah dicor, kan berat. Atau bisa juga mayat dicor di lokasi. Tapi kemungkinannya kecil,” ujarnya kepada wartawan di lokasi penemuan.

Drum rencananya akan dijual oleh penemunya, pemulung Muji Agung. Namun saat akan mengangkatnya, dia melihat ada mayat yang sudah menjadi tulang belulang.

Menurut Muji, mayat dicor beserta pakaiannya. Dia menduga mayat tersebut berjenis kelamin laki-laki.

“Di dalam drum ada selimut. Mayatnya pakai kaus lengan panjang lorek, sama pakai celana dalam pria. Kemungkinan dia pria,” ujar dia.

Drum tersebut terbuat dari seng, biasa digunakan saat pengaspalan jalan atau proyek bangunan. Saat ditemukan, drum sudah dalam kondisi berkarat dan rusak.

“Tadi saya mau ambil drum. Saya buka baunya menyengat. Ternyata kelihatan ada tulang dicor,” kata Muji kepada wartawan di Mapolsek Grogol, Jumat malam.

Pemulung tersebut langsung menyampaikan temuannya ke temannya. Akhirnya penemuan itu dilaporkan ke Polsek Grogol.

Baca Juga:

Jokowi Sebar Dana Kelurahan Rp 3 Triliun Tahun Depan

Tom Cruise Dekati Pacar Kylian Mbappe

Video… Kepala Dipenggal Pedang, Putus… Menggelinding di Tanah

Diduga Sudah Lama

Menurut warga setempat, drum tersebut memang sudah lama berada di tepi aliran sungai Bengawan Solo itu. Namun mereka tak menyangka drum digunakan untuk menyimpan mayat.

“Minggu lalu katanya ada yang melihat, tapi tidak mengira isinya mayat. Mungkin di situ sudah berbulan-bulan,” ujar warga Pondok, Hery Susanto.

Dia menduga ada orang yang sengaja membuang drum itu dari atas jembatan. Sebab tak mungkin orang mengangkat drum yang berat itu melewati tanggul terlebih dahulu.

“Itu kan berat. Mungkin dilempar ke sungai dari atas jembatan. Mungkin itu dilempar saat air sungai tinggi, drumnya tenggelam. Pas kemarau jadi kelihatan drumnya,” ujar dia.

Setelah penemuan, tim SAR bersama kepolisian terjun mengevakuasi mayat di dalam drum.

Mayat kemudian dibawa ke RSUD dr Moewardi, Solo. Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas temuan itu.

“Saat ini mayat sudah dibawa ke RSUD dr Moewardi Solo. Ini akan kita selidiki dulu identitas korban, nanti tentu akan terus kita kembangkan,” ujar Kapolsek Grogol, AKP Dani Herlambang. (*)

Simak video penemuannya di sini:

BAGIKAN