Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

@Rayapos | Jakarta – Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis data Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terjerat kasus korupsi. Hasilnya: DKI Jakarta menjadi provinsi terbanyak mempekerjkan PNS berstatus terpidana korupsi inkracht.

Jumlahnya sekitar 52 orang PNS DKI Jakarta dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Baca juga:

Disangka Curi Start Kampanye, Jokowi Malah Tertawa

Sandiaga: Erick Thohir Nangis di Sebelah Saya

IMOS 2018 Usung Tema “Indonesia Future Technology”

“Rekapitulasi PNS yang terlibat Tipikor berdasarkan daerah, DKI Jakarta 52 orang,” kata Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN, I Nyoman Arsa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/9/2018).

Lebih lanjut, I Nyoman menjelaskan saat ini total seluruh PNS yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah daerah di Indonesia sebanyak 2.357 PNS.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.917 merupakan PNS yang bekerja di Pemerintah Kabupaten/Kota, dan 342 PNS bekerja di Pemerintah Provinsi.

“Sisanya 98 PNS bekerja di Kementerian/Lembaga di wilayah Pusat,” tukasnya.

FOTO: Dok BKN
FOTO: Dok BKN

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan masih banyak PNS yang terlibat korupsi. Namun tetap berstatus aktif lantaran adanya surat edaran Kemendagri pada 29 Oktober 2012.

Menurut Tjahjo, surat tersebut seolah membolehkan para PNS terlibat korupsi tetap menduduki jabatan struktural.

“Ini kesalahan Kementerian Dalam Negeri titik. Karena apa? Karena ada surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri Tahun 2012 yang isinya memang tidak mengharuskan pemda provinsi, kota, kabupaten memberhentikan dengan tidak hormat,” ujar Tjahjo Kamis (13/9/2018).

BAGIKAN