Doohan Yakin Lorenzo Sukses di Honda

@Rayapos | Jakarta – Jorge Lorenzo musim depan akan membela Repsol Honda. Kepindahannya ini tentu menarik perhatian banyak kalangan. Beberapa pihak justru menyebut X Fuera bakal kesulitan membesut RC213V.

Pendapat berbeda justru datang dari legenda MotoGP, Mick Doohan. Rider berkebangsaan Australia ini justru yakin Lorenzo akan sukses di Honda. Pemilik nomor motor 99 ini bakal tampil ‘beringas’ di atas tunggangannya, Honda RCV.

“Para rider yang datang ke Honda, selalu langsung cepat (menunjukan kemampuannya),” ujar Doohan, sebagaimana dilansir laman MotoGP.com, Rabu (28/11/2018).

“Jorge sendiri cepat di Yamaha dan ia kuat di Ducati. Saya yakin ada beberapa hal yang akan sulit disesuaikan pada awalnya, tapi ia pasti akan tampil baik di atas Honda.”

Namun Doohan menyebut satu-satunya kendala Lorenzo hanyalah pada motor RCV. Motor ini dirakit sesuai gaya Marquez selama lima tahun terakhir. Jadi ia akan memiliki tugas menaklukkan motor itu, dan membuatnya lebih ‘ramah’ kepada semua jenis gaya membalap.

“Perbedaannya hanyalah, saat ini Honda didesain sangat fokus pada Marc. Marc adalah rider pengembangan mereka. Jadi Jorge harus mengendarai ‘motor Marc’,” jelasnya.

Baca Juga:

Mick Doohan: Marquez Layak Disebut Legenda MotoGP

Alex Rins Puas dengan Kinerja Mesin Suzuki

Begini Tegangnya Pebulutangkis Saat Ikut Tes CPNS

“Jorge akan dapat masalah pada motornya, bagaimana handling motor tersebut, bagaimana penyaluran tenaganya, dan yang lain. Tapi kita tahu ia punya banyak gelar dunia bukan karena ia lamban.”

Juara dunia era GP500 ini juga mengaku tertarik untuk melihat perubahan cara kerja Honda tahun depan. Mengingat Lorenzo merupakan rider kuat yang memiliki karakter sekaligus gaya balap yang jauh berbeda dengan Marquez.

“Ada banyak rider Honda di grid MotoGP, tapi yang konsisten menang hanya satu rider. Apakah situasi ini akan berubah? Saya tak yakin. Tapi bakal sangat menarik melihat bagaimana mereka bekerja. Yang jelas motor mereka sangat kuat, dan kita lihat saja nanti,” tukasnya.