Andrea Dovizioso

@Rayapos | Jakarta – Andrea Dovizioso tampil sebagai pemenang di MotoGP Valencia yang berlangsung kacau. Alex Rins dan Pol Espargaro melengkapi tiga terdepan.

Balapan di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (18/11/2018) malam WIB dimulai dalam kondisi basah. Hujan lantas mengguyur di tengah jalannya balapan dan membuat kondisi memburuk.

Sejumlah pebalap terjatuh akibat kondisi ini, termasuk Marc Marquez dan Maverick Vinales. Race director lantas memutuskan menghentikan balapan saat balapan mencapai putaran ke-14.

Balapan pun kemudian direstart karena belum memenuhi kuota 3/4 dari 27 putaran, dengan grid sesuai posisi pebalap di lap ke-13. Selepas start ulang, Dovizioso tampil tangguh untuk mengungguli Rins dan Rossi. Rossi malah kemudian jatuh saat berada di posisi dua dan finis di posisi 13.

Namun demikian, Rossi sudah memastikan diri berada di posisi tiga klasemen kejuaraan dunia saat Vinales jatuh sebelum red flag. Hanya 15 pebalap yang finis di seri penutup ini.

Jalannya Balapan

Selepas start, Alex Rins melesat dan memimpin balapan. Maverick Vinales ada di posisi dua, tapi dilewati Andrea Dovizioso di akhir putaran pertama. Marc Marquez di posisi lima dan Valentino Rossi sudah ada di posisi 10.

Marquez sempat melewati Pol Esparparo, tapi kemudian disalip lagi. Rossi terus memperbaiki posisi dan sudah ada di posisi tujuh pada putaran kedua. Pada prosesnya, Vinales kehilangan dua posisi usai dilewati Espargaro dan Marquez.

Marquez merebut posisi tiga dari Pol Espargaro pada putaran keempat. Vinales di lain sisi terus turun dan menempati urutan kedelapan, di belakang Rossi. Rins nyaman memimpin dan unggul nyaris satu detik dari Dovizioso di putaran kelima.

Pol Espargaro jatuh di putaran ketujuh dan kehilangan posisi empat. Tak lama kemudian Marquez out. Rins dan Dovizioso masih jadi dua terdepan, disusul Rossi, Vinales, dan Iannone untuk lima besar.

Sampai putaran ke-10, Rins masih memimpin tapi mulai kesulitan mengontrol motor. Dovizioso di posisi dua, dengan Rossi mulai mendekat. Vinales ada di urutan keempat, tapi terjatuh di lap ke-13! Rossi pun dipastikan mengamankan posisi tiga kejuaraan dunia.

Rins kehilangan posisi terdepan pada putaran ke-14, dilewati Dovizioso dan Rossi. Tak lama kemudian, bendera merah dikibarkan. Karena 3/4 balapan belum terjalani, balapan akan diulang dengan grid sesuai urutan di lap ke-13.

Posisi di lap ke-13 adalah Rins di urutan pertama, disusul Dovizioso dan Rossi pada tiga terdepan. Dani Pedrosa di tempat keempat, diikuti Johann Zarco, Takaaki Nakagami, Alvaro Bautista, Pol Espargaro, Scott Redding, Hafiz Syahrin, Jorge Lorenzo, Stefan Bradl, Michele Pirro, Karel Abraham, dan Jordi Torres.

Selepas restart, Rins menjaga posisi terdepan disusul Dovizioso dan Rossi. Pedrosa ada di posisi empat dan disusul Pol Espargaro. Di akhir putaran pertama, Pol sudah berada di depan Pedrosa sementara Dovizioso melewati Rins.

Di putaran ketujuh, Rossi melewati Rins untuk posisi kedua dan mulai mengejar Dovizioso yang sudah unggul 1,6 detik. Sementara pertarungan juga terjadi untuk posisi empat, antara Pedrosa, Pol Espargaro, dan Pirro.

Sempat mendekat, Rossi malah kemudian tertinggal makin jauh dari Dovizioso di depan dengan selisih lebih dari tiga detik. Di putaran ke-10, Rossi terjatuh saat menikung di tikungan 12. Dovizioso memimpin, disusul Rins dan Pol Espargaro di tiga besar.

Sampai akhir Dovizioso tak melakukan kesalahan dan naik podium teratas. Rins finis kedua dan Pol Espargargo finis ketiga yang mana jadi podium pertama untuk KTM di MotoGP.

BAGIKAN