DPRP Dorong Kemendagri Terbitkan SK Partai Lokal

rayapos.com - satpol pp masyarakat
Menteri Dalam Negeri RI - Thajo Kumolo (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jayapura: Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) pembentukan partai lokal di Bumi Cenderawasih.

Ketua DPRP Yunus Wonda, di Jayapura, Senin, mengatakan dengan segera diterbitkannya SK partai lokal dari Menteri Dalam Negeri ini maka proses pembentukannya akan semakin cepat.

“Keberadaan partai lokal di Papua ini untuk melakukan perekrutan 14 anggota DPRP dari jalur Otonomi Khusus (Otsus) yang diperuntukan bagi orang asli Bumi Cenderawasih,” katanya.

Menurut Yunus, jadi ke depannya penetapan anggota 14 kursi DPRP dari jalur Otsus tidak lagi melalui perekrutan seperti saat ini, namun melalui partai lokal.

“Hal tersebut merupakan tujuan kami sehingga DPR menyetujui keberadaan partai lokal ini sehingga tidak ada lagi perekrutan dan pengangkatan anggota 14 kursi yang berdampak lebih berat pada proses pembangunan,” ujarnya.

Dia menjelaskan berbicara mengenai partai lokal sebenarnya proses di DPRP sudah selesai, artinya tugas selanjutnya ada di Kementerian Dalam Negeri untuk menurunkan keputusan, namun sayangnya sampai kini belum turun keputusan soal posisi partai lokal di Papua.

“Soal kenapa belum turun, apakah masih menunggu diregistrasi sehingga bisa menjadi peraturan daerah, intinya kami sudah meyakinkan kepada pusat bahwa partai lokal yang dibentuk di Papua itu berbeda dengan yang dibentuk di Aceh,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap pemerintah pusat lebih mempercayai pemerintah provinsi yang merupakan kepanjangan tangan di daerah sehingga enggan untuk berspekulasi mengenai masih terganjalnya persoalan partai lokal tersebut. [ant]

Comments

comments