Foto: Rayapos/Bintang

@Rayapos | Jakarta – Dua pecatur cantik asal Serbia, Tijana Blagojevik dan Mila Zarkovik mengaku sengaja ikut dalam kejuaraan JAPFA GM & WGM Chess Championship ini. Sebab mereka ingin sekali menjajal pecatur dari Indonesia.

“Saya belum pernah bermain catur di Indonesia. Ini akan jadi pengalaman menyenangkan bagiku untuk ikut dalam turnamen ini,” ujar Mila saat disambangi wartawan hari Senin (23/4/2018) kemarin di Hotel Century, Jakarta.

“Saya dengar di Indonesia sangat terkenal dengan catur. Dan banyak pemain hebat disini, jadi saya ingin merasakan bermain dengan pecatur Indonesia,” sambung Tijana.

Tijana mengungkapkan di negara asalnya, Serbia, catur bukanlah olahraga yang digemari masyarakatnya. Namun, hal ini tidak membuat mereka patah semangat. Bahkan mereka makin termotivasi turun di dunia catur karena sejalan dengan hobby yang disukainya.

“Selain karena senang catur, kita juga sangat senang berpergian dan bertemu orang baru,” ungkap Mila dan Tijana.

Disamping itu, Tijana mengaku tidak terlalu populernya catur juga menjadi kendala baginya dalam mendalami olahraga catur. Salah satu halangannya adalah menemukan lawan sebagai teman berlatih.

“Memang sangat sulit menemukan lawan untuk berlatih catur. Untungnya ayah saya merupakan seorang Grandmaster catur. Jadi saya dapat belajar dan berlatih catur melaluinya,” tutup Tijana.

Perlu diketahui, kejuaraan JAPFA GM & WGM Chess Championship akan bertempat di Solo, Jawa Tengah. Dijadwalkan kejuaraan ini akan berlangsung selama tujuh hari, yakni dari tanggal 25 April hingga 1 Mei 2018.