Embarkasi Antara, Kanwil Agama Maluku Rehab Asrama Haji

@Rayapos | Ambon: Salah satu langkah konkrit yang ditempuh Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Provinsi Maluku dalam rangka mewujudkan Maluku sebagai embarkasi antara, yakni dengan melakukan pengembangan Asrama Haji di Waiheru dalam waktu dekat ini.

Demikian yang disampaikan oleh Kakanwil Agama Maluku, Fesal Musaad, kepada wartawan, di Ambon, Jumat (27/1). ”Jadi dalam pengembangan tersebut kita prioritaskan untuk pembangunan asrama haji yang bisa menampung 1000 orang dengan kelas minimal setara hotel bintang tiga,” ujarnya.

Menurutnya, untuk dana pengembangan asrama haji, semuanya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), bukan dari APBN. Dimana, pengembangan asrama dilakukan dalam rangka kenyamanan jamah haji, dan dalam tahun 2017 ini para jamaah haji sudah mulai ditempatkan di asrama tersebut. ”Setelah selesai pembangunan dan peresmian, baru ditempatkan jamaah haji,” jelasnya.

Sampai saat ini, jelasnya, pengusulan Maluku sebagai embarkasi antara masih sementara dalam proses. Dimana, pihaknya sudah menyiapkan data-data, sedangkan semua persyaratan sudah disampaikan kepada Menteri Agama, bersamaan dengan rekomendasi dari Gubernur, DPRD Maluku, Imigrasi, Angkasa Pura, didukung dengan gambar dan rap, serta sertifikat tanah. ”Kita sudah menyiapkan dan menyampaikan semuanya ke Menag dan direspon dengan baik untuk nantinya Maluku dijadikan sebagai embarkasi antara,” tegasnya.

Dengan dijadikannya Maluku embarkasi antara, terangnya, juga disesuaikan dengan peta penerbangan. Dimana Provinsi Papua, Papua Barat dan Maluku Utara akan datang ke Ambon. ”Kalau Papua ke Makassar kan melewati Ambon. Oleh karena itu, ketika Ambon dalam peta penerbangan sudah menjadi daerah transisional, maka saya kira sudah amat layak jika Maluku ditetapkan sebagai embarkasi haji antara,” pungkasnya.

Comments

comments