@Rayapos | Jakarta – Kian maraknya kompetisi permainan games online atau dikenal denan esport, menarik perhatian FA. Otoritas sepakbola Inggris itu dikabarkan bakal membentuk tim nasional esports pertamanya berjuluk eLions.

Sebagaimana dilansir laman BBC, Senin (4/3/2019), FA kemungkinan besar akan memilih 19 nama pemain untuk mewakili The Three Lions di turnamen FIFA eNations Cup pada April 2019, dan seterusnya.

Setelah dirilis, nantinya 19 pemain akan menjalani kualifikasi pada 9 dan 10 Maret. Sedangkan untuk laga final, rencananya akan berlangsung di London tanggal 14 Maret 2019.

“FA bangga menjadi organisasi modern dan inovatif yang berusaha untuk melibatkan dan menginspirasi semua generasi penggemar sepak bola,” ungkap Kepala Komersial FA, Mark Bullingham.

Baca Juga:

Marquez: Saya Tak Sebanding dengan Messi

Klopp Mulai ‘Sewot’ Dikritik Media

Presiden Napoli: Ancelotti Lebih Baik dari Allegri

Adapun alasan FA membentuk timnas untuk esport ini didasari dari banyaknya peserta yang memilih Timnas Inggris. Gim esports yang bakal diuji tanding adalah FIFA 19 di PlayStation 4 dan Xbox One. Para peserta seleksi harus berusia di atas 16 tahun.

“FIFA 19 dimainkan oleh ratusan juta pemain setiap hari dengan banyak pemain pria dan wanita yang memilih timnas Inggris, sehingga kami memiliki peluang besar.”

Turnamen FIFA eNations Cup sendiri akan diikuti 16 tim dari berbagai negara anggota FIFA pada 13-14 April 2019. Ajang ini menjadi awal sebelum dihelatnya edisi perdana FIFA eWorld Cup 2019.

BAGIKAN