Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Federasi Sepak Bola Inggris, FA menghukum seorang wasit bernama David McNamara karena yang tidak membawa koin dan memakai permainan suit jari untuk menentukan kick-off di Liga Super Wanita Inggris.

Akibat ulahnya itu, McNamara pun diganjar hukuman skorsing selama 21 hari oleh FA karena kelalaian dan kebijakannya yang tidak sesuai aturan. Padahal pilihan memakai suit jari diambilnya tidak masuk dalam aturan yang diperbolehkan sepak bola Inggris.

Seperti diketahui, tos dengan menggunakan koin oleh wasit untuk menentukan pihak yang akan memulai menendang bola (kick off) merupakan persyaratan dalam sebuah pertandingan.

“FA memutuskan wasit David McNamara dihukum skorsing selama 21 hari, terhitung mulai Senin 26 November,” demikian diumumkan juru bicara FA, sebagaimana dilansir laman BBC, Kamis (15/11/2018).

Baca Juga:

Hadapi Persija, PSM Siap Tampil Menyerang

Maradona: Solari Bukan Zidane

Jorge Lorenzo: Saya Akan Merindukan Ducati

Insiden suit jari ini sendiri terjadi menjelang pertandingan antara Manchester City menghadapi Reading pada 26 Oktober lalu. Laga yang dipimpin McNamara melibatkan kapten tim nasional wanita Inggris Steph Houghton dan kapten tim tamu Kirsty Pearce.

“Sanksi ini diberikan menyusul insiden pertandingan WSL, ketika ia gagal untuk menentukan pihak mana yang memulai tendangan pertama dengan menggunakan tos koin, seperti yang sudah digariskan dalam peraturan pertandingan,” lanjut pernyataan itu.

McNamara, yang punya hak untuk mengajukan banding terhadap putusan FA tersebut, bisa kembali bertugas memimpin pertandingan pada 17 Desember mendatang. Aksi McNamara tentu cukup mencoreng nama wasit Inggris.

BAGIKAN