@Rayapos | Jakarta – Facebook dan Instagram secara mendadak dan bersamaan menjadi ‘lumpuh’ atau down. Kejadian ini terjadi pada Rabu (13/3/2019) malam.

Kedua platform media sosial itu membuat para pengguna tak dapat mengunggah status atau foto terbaru ke dalam akun mereka. Ada pula yang tak dapat log in ke akun masing-masing.

Sebuah pesan yang muncul di situs Facebook menunjukkan adanya masalah sebagai bagian dari pemeliharaan yang terjadwal. Namun, tak jelas masalah apa yang tengah dihadapi.

“Facebook Akan Segera Kembali,” tulis judul pesan yang tampil di layar.

“Facebook sedang tidak aktif karena proses pemeliharaan, namun Anda akan dapat menggunakannya kembali dalam beberapa jam,” terang pesan tersebut.

Tak hanya gagal mengunggah foto dan memperbarui status, beberapa pengguna Facebook juga melaporkan tak bisa masuk ke dalam fitur Facebook Messenger.

“The operation couldn’t be completed,” begitu bunyi pesan tertulis di layar Facebook Mesengger.

Pada Instagram, kegagalan akan terjadi setiap kali pengguna mencoba mengupdate Instastory.

“Upload failed. Try again,” tulis pesan di layar aplikasi Instagram.

“We’re sorry. But something went wrong,” bunyi pesan di layar saat orang mencoba masuk ke Instagram.

Tetapi ketika pengguna mencoba lagi dan lagi, status terbaru mereka tidak akan terposting. Pesan di atas pun akan muncul berulang kali.

Kelumpuhan Facebook dan Instagram ini pun langsung mengundang respons netizen. Tagar #facebookdown dan #instagramdown menjadi trending topic dunia pada platform Twitter. Tak sedikit yang bertanya-tanya tentang kelumpuhan yang tengah dialami Facebook dan Instagram.

“Instagram saya baru saja mengupdate status kemudian lumpuh. Apa gunanya mengupdate jika aplikasi ini tak bekerja?” tulis seorang pengguna Twitter.

“Facebook saya tidak bekerja. Adakah yang mengalami hal sama?” tanya pengguna lain.

Hingga berita ini diturunkan, sekitar dua jam kelumpuhan dua platform raksasa tersebut, namun masih belum ada penjelasan resmi yang dikeluarkan Facebook maupun Instagram terkait hal tersebut.

BAGIKAN