Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon. (FOTO: Rayapos/Andrew Tito)

@Rayapos | Jakarta – Iklan di bioskop yang menampilkan pembangunan bendungan di era Presiden Joko Widodo menjadi sorotan. Iklan tersebut biasanya muncul sebelum penayangan film di bioskop-bioskop.

Dalam iklan itu memperlihatkan proses pembangunan sejumlah bendungan serta testimoni seorang petani tentang manfaat dari bendungan. Di akhir video, terdapat ucapan Jokowi sebagai penutup.

Baca juga:

Fadli Zon Minta Iklan Bendungan ‘Jokowi’ Dicopot, Ini Reaksi Kominfo

Wow, Ridwan Kamil akan Sulap Kali Malang Jadi Mirip Sungai di Korsel

23 Tusukan, Habisi Hidup Janda Cantik Ini

“Membangun bendungan akan menjamin produksi pangan kita di masa depan karena kunci ketahanan pangan adalah ketersediaan air,” ujar Jokowi di iklan layanan masyarakat itu.

Di media sosial, iklan ini ramai dibahas, termasuk oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon, yang juga Waketum Gerindra. Dia meminta agar iklan itu dicopot.

“Sebaiknya iklan ini dicopot dari bioskop,” tulis Fadli Zon, Rabu (12/9/2018).

Selain Fadli Zon, beberapa netizen juga mengeluarkan sindirian.

Sindiran itu kali pertama mengemuka setelah akun media sosial twitter milik Nina Asterly (@nynazka) berkicau soal hal itu pada 9 September lalu.

“Barusan nonton di bioskop cinema XXI… tolooong kembalikan 3 menit sy yang terbuang percuma gara2 pas lagi asik2 nonton thriller film2 eeh tiba2 ADA IKLAN JOKOWI,” demikian kutipan kicauan yang dikutip dari akun @nynazka.

Kicauan Nina itu pun mendapatkan tanggapan dari netizen lain dengan beragam. Salah satunya akun yang mengatasnamakan Usup Supriyadi (@usupsupriyadi_).

“Sebenarnya kalau iklannya layanan masyarakat tidak apa-apa, asal jangan jor-joran kampanye saja, karena belum masanya juga,” kicau dia.

Kemudian akun @Adjiekaiizan07 menanggapinya dengan kicauan menyebut akun jaringan bioskop terbesar di Indonesia.

“@cinema21 tolong klarifikasi kejadian yang menimpa saudari ini. Apakah benar anda mengiklan kan salah satu capres?? Dan apa maksud dari iklan tsb di tayangkan di bioskop,” kicaunya.