Bunga Tabebuya mekar di Surabaya (ist)

@Rayapos | Jakarta – Keindahan bunga berwarna-warni di kota Surabaya sukses menyita perhatian public. Betapa tidak, usai mengalami kemarau panjang, kota Pahlawan ini menjelma menjadi kota yang cantik berkat pepohonan bunga Tabebuya.

Bunga tabebuya sendiri bernama latin Chrysotricha. Bunga tersebut merupakan tanaman asal Negara Brasil. Bunga ini hanya mekar di ujung musim kemarau atau di permulaan musim hujan seperti saat ini.

Berikut  5 fakta bunga Tabebuya yang keindahannya seperti bunga sakura di Jepang.

1.Bunga Tabebuya memiliki berbagai jenis warna

Bunga tabebuya memiliki  berbagai jenis warna, seperti kuning, pink, orange, magenta, putih dan merah.  Selain memiliki beberapa pilihan warna, saat  berbunga Tabebuya bisa menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan.

Bunga Tabebuya (ist)
Bunga Tabebuya (ist)

2.Memiliki kelebihan dari pepohonan lain

Pohon Tebebuya memiliki beberapa kelebihan disbanding pohon lainnya. Diantaranya, daunnya yang tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

3.Pohon Tabebuya dapat tumbuh di daerah subtropis dan tropis

Pohon Tabebuya adalah pohon hias populer yang bisa tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis. Pohon asal Brazil ini termasuk pohon yang minim perawatan dan hanya perlu dipangkas ketika ada tangkai yg rusak atau mati, karena habitat aslinya berasal dari daerah beriklim kering, menjadikan pohon ini kuat dalam kondisi kekurangan air sekalipun.

4.Bunga Tabebuya memberi suasana romantik layaknya bunga Sakura di Jepang

Banyak warga Surabaya yang mengaku sangat senang dengan suasana Kota Surabaya saat ini, karena bunga pohon tabebuya yang ada di sepanjang ruas jalan di Surabaya kini tengah mekar. Tentu saja, mekarnya bunga ini menjadi spot foto gratis yang instagrammable bagi para instagrammers yang ingin feed fotonya terlhiat keren dan kekinian.

Pohon Tabebuya mekar di Surabaya (jawapos)
Pohon Tabebuya mekar di Surabaya (jawapos)

5.Peran penting walikota Surabaya

Kota Surabaya yang dulunya dikenal sebagai kota gersang dan panas, kini perlahan – lahan berubah. Sejak menjabat pertama kali menjadi walikota, Tri Rismaharini sudah menggalakkan penanaman ribuan pohon dan tanaman di taman. Tidak hanya bunga dari pohon tabebuya, berbagai jenis tanaman anggrek yang sengaja ditempelkan di pohon besar dan berbagai sudut bangunan di jalan pun juga terlihat mekar.

Tak hanya itu, kini kabarnya Pemkot Surabaya pun menawarkan pohon tabebuya  untuk ditanam secara gratis pada warga Surabaya, namun dengan syarat tertentu yaitu mengajukan surat permohonan pada Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya. Permohonan tersebut  harus dilakukan oleh perangkat RT atau RW maupun institusi.

Semoga keindahan kota Surabaya menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya untuk berlomba merubah penampilan menjadi cantk dan menarik seperti ini ya.

BAGIKAN