@Rayapos | Jakarta – Milyader asal Inggris, Jim Ratcliffe dikabarkan akan mengakusisi kepemilikan Chelsea dari tangan Roman Abramovich. Pria berusia 66 tahun ini bahkan siap menggelontorkan dana dengan jumlah fantastis.

Jim Ratcliffe menghabiskan masa kecilnya di kota Manchester. Rumahnya tidak jauh dari Old Trafford, yang menjadi markas Manchester United. Tidak heran jika Jim pada masa remaja adalah seorang fans Setan Merah.

Tak selamanya Jim Ratcliffe tinggal disana, ia kemudian pindah ke London barat. Berawal dari situlah kekagumannya pada Chelsea tumbuh. Taipan Inggris ini pun diketahui beberapa kali menyaksikan laga The Blues di Stamford Bridge.

Sebagaimana dilansir laman talkSPORT, Kamis (21/3/2019), Jim Ratcliffe merupakan pemilik grup INEOS. Perusahaannya memiliki bisnis utama pada bidang petrokimia, perhotelan dan banyak lagi. Nilai kekayaannya ditaksir mencapai angka Rp396 triliun.

Jim dilaporkan akan menyodorkan proposal pembelian Chelsea senilai 2 miliar pounds atau setara Rp 37 triliun. Harga itu jauh lebih mahal dari yang dikeluarkan Abramovich saat membeli Chelsea pada tahun 2003 silam.

Menurut laporan media Daily Mail, Abramovich kala itu hanya mengeluarkan dana 140 juta pounds atau Rp2,6 triliun. Namun, pihak Abramovich dikabarkan masih menyetujui tawaran dari Jim.

Abramovich dilaporkan meminta harga yang lebih mahal dari tawaran yang sudah dilayangkan. Ia disebut hanya akan melepas Chelsea dengan harga 2,5 miliar pounds atau sekitar Rp 47 triliun.

Jim sendiri bukan sosok yang asing di pentas olahraga dunia. Pada tahun 2018, ia membeli klub balap sepeda Team Sky yang kemudian diganti menjadi Team INEOS. Selain itu, Jim juga memiliki klub sepak bola, Lausanne-Sport, di kompetisi kasta kedua Swiss.