Film Kartini mendapatkan banyak pujian dari para tokoh nasional

rayapos.com - Film Kartini
Film Kartini mendapatkan banyak pujian dari para tokoh nasional (Foto: soloevent)

@Rayapos.com | Jakarta: Film Kartini produksi Legacy Pictures, karya sutradara kondang Hanung Bramantyo yang telah dirilis pada Rabu (19/4/2017) lalu, menuai banyak pujian dari masyarakat dan tokoh nasional.

Beberapa tokoh seperti Sri Mulyani (Menteri Keuangan Indonesia), Venna Melinda (artis dan anggota DPR RI), Najwa Shihab (Presenter), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Mooryati Soedibyo (Pendiri Mustika Ratu), dan Muhadjir Effendi (Menteri pendidikan dan Kebudayaan RI), mengungkapkan kekaguman mereka terhadap film ini.

Mereka mengatakan bahwa film ini mampu mengaduk emosi, menggambarkan semangat Ibu Kartini, menyampaikan pesan pendidikan yang sarat makna, serta mampu menampilkan sosok Kartini yang nyaris serupa dengan sosok yang sebenarnya dengan sangat baik.

Beberapa dari mereka bahkan mengatakan bahwa film ini dapat memancing rasa haru dan membuat mereka menangis karena jalan ceritanya disajikan dengan sangat runtut.

“Film Kartini bagus banget. Nonton film ini saya nangis terus dari awal sampai akhir. Banyak sekali pesan dan kesan yang bisa didapat,” ujar Najwa Shihab setelah menyaksikan film itu.

Selain itu, film Kartini ini juga dibintangi oleh artis-artis papan atas seperti  Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Deddy Sutomo, Djenar Maesa Ayu, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Denny Sumargo, dan Nova Eliza.

Film yang menoreh banyak pujian ini, mengusung kisah Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini sejak ia berusia 10 tahun. Diperlihatkan bahwa Kartini adalah sosok yang memiliki cita-cita untuk mengejar ilmu setinggi-tingginya, meskipun harus melawan tradisi dan bahkan menentang keluarganya sendiri.

Kartini yang seorang putri bupati Jepara, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, juga memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, khususnya hak pendidikan untuk perempuan.

Oleh karena itu, Kartini membuat sekolah bagi rakyat miskin bersama kedua saudarinya, yakni Roekmini yang diperankan oleh Acha Septriasa dan Kardinah yang diperankan oleh Ayushita Nugraha.

Seperti yang diketahui, Kartini yang lahir dari seorang wanita yang bukan bangsawan, mencoba untuk menjadi sosok perempuan yang maju, dengan mempelajari kemajuan perempuan-perempuan Belanda, serta membaca buku-buku dan koran Belanda yang membuat semangatnya mencari ilmu terus menyala.

Comments

comments