Kondisi KaliItem yang disebut pada zaman Mantan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) FOTO: Dok Ist

@Rayapos | Jakarta – Beredar foto-foto Kali Item di Kemayoran, Jakarta Utara terlihat jernih dan mengalir. Dari foto tersebut terlihat sangat jauh berbeda dengan kondisi Kali Item sekarang.

Beredar kabar juga Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan membenarkan bahwa foto itu adalah kondisi asli Kali yang bernama asli Kali Sentiong itu.

Namun ketika dikonfirmasi, Lurah Een enggan berkomentar.

“Orang saya gak pernah ngeluarin statement, kita mah bebenah aja yang penting ke arah yang lebih bagus,” kata Een saat ditemui Rayapos di Kantornya, Rabu, (8/8/2018).

Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)
Lurah Sunter Jaya, Tanjung Priok, Een Hermawan (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

Ia meluruskan, dirinya hanya berkata itu foto Kali Sentiong zaman dahulu saat airnya jernih, bisa digunakan berenang oleh warga setempat. Akan tetapi ia berkilah, jika dirinya telah mengatakan itu di era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Saya gak pernah bilang begitu, gak nyebut nama itu (Ahok). Tahu zaman dahulu kan, dulu aja Jakarta masih hutan, saya gak bilang itu di zaman Ahok, nanti saya dibilang membanding-bandingkan,” kata Een.

Baca juga:

Ini 7 Poin Hasil Pertemuan Ketiga SBY-Prabowo

Prostitusi Anak Dibawah Umur Terungkap di Apartemen Kalibata City, Tarifnya Segini

Hotman Paris Komentari Praperadilan Kasus Video Porno Luna Maya dan Cut Tari

Lebih lanjut, terkait polemik Kali Item yang sempat meramaikan jagat maya beberapa waktu lalu. Ia menegaskan, tidak ada perubahan pengawasan sejak Era mantan Gubernur Ahok maupun Gubernur Anies Baswedan.

“Liat saja tuh di bawah Waring, setiap hari juga ada yang membersihkan, dari dulu juga begitu, pengerukan pembersihan,” ungkapnya.

Lagi-lagi ia mengatakan, dirinya tidak mau disebut telah membandingkan kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan dan Gubernur sebelumnya. Apalagi kata dia, tidak ada perubahan cara kerjanya baik dahulu maupun sekarang, selama menjabat sebagai Lurah Sunter Jaya.

“Tidak ada perubahan, malah lebih meningkat, lihat dong danau Sunter itu sekarang (bersih), kan Pak Anies juga yang meresmikan,” tutupnya.

Dikabarkan sebelumnya, Lurah Sunter Jaya Een Hermawan, pada tanggal 3 agustus membenarkan keaslian Foto-foto Kali Sentiong semasa 2017 yang sempat viral di media sosial.

Foto-foto itu jauh dari berbeda dengan kondisi kali Sentiong yang kini disebut “Kali Item”. Untuk mengurangi dengan mengurangi aroma tidak sedap yang muncul dari dalam kali, Pemprov DKI Jakarta mengakali dengan pemasangan kain waring di bagian atas sepanjang kali Sentiong.