Gandeng Kodam Pattimura, Pertamina Tanam 100 Ribu Pohon di Maluku

@Rayapos | Jakarta: PT Pertamina (Persero) bersama Kodam XVI Pattimura melakukan kegiatan pembibitan dan penamanan 100 ribu pohon produktif seperti buah-buahan, pala, cengkih, dan lain-lain yang dialokasikan untuk dua wilayah di Provinsi Maluku.

“Bibit tanaman tersebut dibagi untuk wilayah Ambon sebanyak 50 ribu batang dan 50 ribu batang lagi ditanam di daratan Pulau Buru,” ujar Manajer CSR PT Pertamina Agus Mashud S. Asngari dalam siaran persnya, Jumat (20/5).

Ia mengatakan kegiatan penanaman 100 ribu pohon produktif ini merupakan wujud kepedulian Pertamina, bukan hanya terhadap lingkungan, namun juga untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Maluku.

“Selain menyerap CO2 dan memroduksi oksigen, kami juga mengedepankan faktor ekologi dari pohon yang ditanam, hasilnya bisa dijual oleh masyarakat dan membantu meningkatkan penghasilan warga Maluku,” kata Agus.

Disisi lain, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Pertamina ini.

“Kegiatan ini sangat baik untuk membantu pemerintah dan mengajak masyarakat luas untuk melestarikan lingkungan hidup, sekaligus memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan pembibitan dan penananaman pohon produktif di lahan kritis ini sangat perlu dilakukan, mengingat di wilayah tersebut terdapat bendungan yang menjadi sumber utama pengairan ke beberapa kecamatan penghasil padi untuk memenuhi kebutuhan Provinsi Maluku dan Indonesia, namun lahannya masih gundul.

“Seperti kita ketahui, Pulau Buru merupakan penghasil padi terbesar dan menjadi andalan di wilayah Indonesia Timur,” pungkasnya.[*]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY