Polisi mengatur arus lalu lintas pada hari pertama uji coba perluasan kawasan ganjil genap di persimpangan Pancoran, Jakarta (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

@Rayapos | Jakarta – Beredar isu pemberlakuan plat nomor ganjil-genap untuk sepeda motor di sejumlah Jalan Protokol Jakarta. Namun hal tersebut dibantah langsung Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Nuhandono.

“Tidak benar itu, ya hoax. Kita fokus untuk kendaraan roda empat, tidak ada kendaraan roda dua yang kena ganjil genap,” kata Nuhandono saat ditemui usai menghadiri sebuah acara di Hotel Harris, Tebet, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Dia pun mengatakan aturan ganjil-genap hanya berlaku untuk kendaraan roda empat. “Ya kalau untuk ganjil genap hanya khusus kendaraan roda empat saja,” ujarnya.

Sebelumnya, tersebar di kalangan wartawan bahwa motor yang melintas di Jalan MH Thamrin dan Jalan Merdeka Barat, Jakarta, terkena sistem ganjil genap. Senin (2/7). Rencana tersebut akan diberlakukan mulai pukul 06.00-10.00 WIB.

Baca juga:

Sadis, Ibu dan Anak Tewas Ditusuk Dadanya oleh Orang Asing (1)

Kena OTT Zainudin Hasan Malah Tersenyum, Ini Penyebabnya…

Anies Diteriaki Saat Pidato di Lapangan Banteng, Apa yang Salah? Begini Jelasnya

Disebutkan dalam pesan berantai itu bahwa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mengeluarkan pengendara yang melintas tak sesuai ketentuan di jalur ganjil genap. Nantinya, para pengendara yang melanggar akan diarahkan untuk mencari jalan lain.

“Direncanakan mulai dilaksanakan 1 Agustus 2018. Akan diberlakukan sanksi tilang,” sebut pesan itu.

Dijelaskan pula bahwa sistem ganjil genap tidak berlaku bagi dua jalan itu saja. Tapi juga berlaku di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Gatot Subroto (simpang Kuningan – simpang Slipi), Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi – simpang Tomang).

Lalu Jalan MT Haryono (simpang UKI – simpang Pancoran – simpang Kuningan), Jalan HR Rasuna Said, Jalan Jenderal DI Panjaitan (simpang Pemuda – simpang Kalimalang – simpang UKI), Jalan Jenderal Ahmad Yani (simpang Perintis – simpang Pemuda), Jalan Benyamin Sueb (simpang Benyamin Sueb – Kupingan Ancol) , Jalan Metro Pondok Indah (simpang Kartini – Bundaran Metro Pondok Indah – simpang Pondok Indah – simpang Bungur – simpang Gandaria City – simpang. (kebayoran Lama), dan Jalan RA Kartini.

BAGIKAN