Garuda Berencana Buka Rute Jayapura – Dekai

@Rayapos | Jayapura: Manajemen PT Garuda Indonesia berencana membuka rute penerbangan dari Jayapura ke Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, yang pada 18 Oktober 2016 diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Kami ada rencana buka penerbangan ke Dekai. Kalau tidak salah, Juli 2017 dengan menggunakan pesawat ATR yang berkapasitas 70 penumpang,” kata Sales and Marketing Manager Garuda Cabang Jayapura Octavianus JH Tampi, di Jayapura, Selasa.

Garuda ingin mengembangkan penerbangan intra Papua, katanya.

Ia menjelaskan untuk membuka rute penerbangan ke bandara Nop Goliat, Dekai, Garuda akan mendatangkan unit pesawat baru yang secara rutin melayani masyarakat di wilayah tersebut.

“Rencananya kami akan terbang setiap hari, kemungkinan rutenya Jayapura-Dekai-Timika. Ini belum pasti betul. Ini unit pesawat yang baru, kita akan datangkan lagi,” ujarnya.

Tampi menyatakan pada 2017 Garuda tengah membidik beberapa rute intra Papua yang sejauh ini masih membutuhkan banyak tambahan penerbangan.

“Kami juga tertarik membuka penerbangan Jayapura-Wamena, tapi masih penjajakan karena untuk mendapatkan slot di Bandara Sentani cukup susah,” katanya lagi.

Bandara Nop Goliath Dekai pada 18 Oktober 2016 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, yang pada kesempatan tersebut menyatakan bandara adalah salah satu dari tujuh bandara perintis yang menghubungkan 517 desa di Kabupaten Yahukimo.

“Inilah manfaat sebuah hubungan, manfaat sebuah konektivitas, bukan masalah megah-megahan infrastruktur tetapi kita harapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Yahukimo,” katanya.

Jokowi berharap bandara ini akan semakin menunjang perekonomian masyarakat Yahukimo sehingga bisa bersaing baik dengan daerah maupun negara lain.

“Sekarang ini era kompetisi. Era persaingan. Kalau infrastrukturnya dalam posisi yang sama, maka semuanya akan bisa bersaing dalam apapun,” katanya. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY