Aktor Gary Oldman jadi aktor terbaik Golden Globe 2018 (Foto : Instagram.com/goldenglobes)

@Rayapos | Jakarta – Aktor senior Gary Oldman meraih penghargaan sebagai aktor terbaik dalam ajang Golden Globe 2018 di Beverly Hills, California, Minggu (7/1) waktu Amerika Serikat. Sukses Oldman itu diraih lewat aktinya dalam film “Darkest Hour”.

“Darkest Hour” berkisah tentang kepemimpinan Winston Churchill selama Perang Dunia kedua.

Kemenangan Oldman itu telah memupuskan harapan saingan terberatnya Tom Hanks yang sama-sama diunggulkan dalam daftar nominasi untuk kategori Best Actor tahun ini. Nama Tom Hanks masuk dalam daftar nominasi lewat perannya dalam film “The Posts”.

Selain Tom Hanks, Gary Oldman juga menyisihkan bintang-bintang besar lainnya yang masuk dalam nominasi Aktor Terbaik yakni Timothée Chalamet (Call Me By Your Name), Daniel Day-Lewis (Phantom Thread), dan Denzel Washington (Roman J. Israel, ESQ).

Baca juga : Momen ‘Best Dressed’ di Golden Globe ke-75

Oldman yang baru pertama kalinya meraih piala Golden Globes mengaku tersanjung.

“Saya merasa tersanjung mendapatkan piala ini. Saya mengucapkan selamat kepada para nomine atas karya-karyanya yang indah. Saya dikelilingi oleh orang-orang hebat,” ujar Oldman dalam pidato kemenangannya di atas pentas The Beverly Hilton, California, Minggu (7/1), waktu Amerika Serikat.

Sebelumnya, aktor asal Inggris itu sempat mengkritik Golden Globe. Kendati demikian, ia tetap berterima kasih kepada penyelenggara acara itu dan sang mantan perdana menteri. Oldman juga berterima kasih kepada produser, kru, dan istrinya, Gisele Schmidt, yang selalu mendukung pekerjaannya.

“Darkest Hour” berkisah tentang kepemimpinan Winston Churchill selama Perang Dunia kedua.

Baca juga : “Along With the Gods: The Two Worlds” Raih 10 Juta Penonton di Dua Pekan...

Dalam film biografi berlatar perang itu, Oldman berperan sebagai Perdana Menteri Inggris Raya Winston Churchill. Beberapa hari setelah diangkat menjadi perdana menteri, Churcill mesti menghadapi masa-masa gelap karena pergolakan pengadilan dengan Nazi Jerman.

Penampilan Gary Oldman dalam Darkest Hour dianggap memukau dan menjiwai sosok Winston Churcill.

Baca juga : “The Last Jedi” Ungguli “Wonder Women” Dari Sisi Pendapatan

Selain Golden Globes 2018, Oldman juga memenangkan beragam piala di banyak ajang penghargaan dan festival. Termasuk Dallas–Fort Worth Film Critics Association, Hollywood Film Awards, New York Film Critics Online, dan Online Film Critics Society.

Selain Darkest Hour, Gary Oldman juga terkenal karena penampilannya dalam RoboCop, serial film Harry Potter sebagai Sirius Black/Padfoot, The Dark Knight, dan Batman Begins.