Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat (Foto : Istimewa)

@Rayapos | Jakarta – Wilayah Sukabumi, Jawa Barat selama ini terkenal dengan keindahan pantainya. Destinasi pantai Pelabuhan Ratu di Selatan Jabar ini begitu kesohor hingga ke seantero negeri. Pantai dengan ombok yang cukup tinggi ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang suka olahraga berselancar.

Namun ternyata Sukabumi bukan hanya punya pantai Pelabuhan Ratu. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memiliki destinasi wisata yang tak kalah menawannya, yakni Geopark Ciletuh.

Baca juga : Pantai Parangtritis Favorit Wisatawan di Bantul

Geopark Ciletuh Sukabumi ini adalah salah satu lokasi liburan keren yang patut untuk kalian pertimbangan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Apalagi tempat wisata ini tak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta.

Ciletuh merupakan taman alam batuan purba paling keren di Jawa Barat. Kawasan ini juga termasuk Ke Kawasan Batuan Tertua Di Pulau Jawa.

Taman alam batuan purba di Geopark Ciletuh, Sukabumi Jawa Barat (Foto : Istimewa)
Taman alam batuan purba di Geopark Ciletuh, Sukabumi Jawa Barat (Foto : Istimewa)

Disebutkan juga kalau tempat ini dahulu sebenarnya adalah laut. Namun kini telah terangkat dari bawah laut, dan kemudian terkenal sebagai Geopark Ciletuh. Bentang alam di Teluk Ciletuh ini memang menarik. Lansekap yang membentang berbentuk menyerupai amfiteater raksasa yang mirip seperti tapal kuda yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia.

Idealnya, ketika kita mengunjungi Geopark Ciletuh ini akan memerlukan waktu 3-4 hari. Tapi jika waktunya terbatas, kalian masih bisa mengunjungi beberapa lokasi utama di Geopark Ciletuh yang bisa dijangkau dalam waktu satu hari. Misalnya seperti Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Awang, Curug Sodong, dan Puncak Darma.

air Terjun di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat (Foto : Istimewa)
air Terjun di kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat (Foto : Istimewa)

Geopark Ciletuh ini memang tempat wisata keren di jawa yang menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut serta beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Jadi di geopark yang ada di Sukabumi ini kalian bisa menikmati pemandangan alami yang ditawarkan. Lengkap dari gunung, air terjun dan lansekap cantik yang berlatar belakang laut.

Baca juga : 

1.Menjelajah Kampung 1000 Topeng Malangan

2. Bukit Pasir Busung ini Sangat Instagramable